Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemulihan Ekosistem, Penutupan Gunung Semeru Diperpanjang hingga 31 Maret 2021

Kompas.com - 30/12/2020, 21:42 WIB
Andi Hartik,
Khairina

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memperpanjang penutupan pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur hingga 31 Maret 2021.

Perpanjangan penutupan Gunung Semeru disampaikan melalui Surat Pengumuman nomor PG.15/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2020 tentang penutupan total pendakian Gunung Semeru.

Sebelumnya, melalui Surat Pengumuman nomor PG.10/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/11/2020, TNBTS telah menutup sementara gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu sejak 30 November akibat peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Semeru.

Baca juga: Gunung Semeru Kembali Keluarkan Awan Panas Sejauh 3 Kilometer

Perpanjangan penutupan itu dengan mempertimbangkan curah hujan yang tinggi di kawasan Gunung Semeru serta pemulihan ekosistem.

"Mempertimbangkan kondisi klimatologi peningkatan intensitas curah hujan dan kemungkinan terjadinya badai sebagaimana diperkirakan oleh Stasiun Klimatologi Karangploso, juga dalam rangka pemulihan ekosistem, maka kegiatan pendakian Gunung Semeru ditutup secara total hingga 31 Maret 2021," kata Plt Kepala Balai Besar TNBTS, R Agus Budi Santosa melalui surat pengumuman yang diterima Kompas.com, Rabu (30/12/2020).

Penutupan untuk pemulihan ekosistem ini rutin dilakukan oleh pihak TNBTS setiap awal tahun selama tiga bulan.

Baca juga: Dilanda Hujan Abu Letusan Semeru, Warga Terima Bantuan Pakan Ternak

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarif Hidayat mengatakan, akibat penutupan itu terdapat 4.736 pendaki yang harus menjadwal ulang pendakiannya.

"Untuk pendaki yang harus melakukan reschedule sejumlah 4.736 orang," katanya.

Diketahui, pendakian Gunung Semeru sempat dibuka dengan protokol kesehatan Covid-19. Lalu, pada 30 November 2020 lalu, pendakian Gunung Semeru ditutup sementara akibat peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

Ketika itu, pendaki yang sudah terlanjur pesan tiket secara online harus menjadwal ulang pendakiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com