Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembuh dari Covid-19, Gubernur Riau Jalani Masa Pemulihan di Rumah

Kompas.com - 30/12/2020, 18:55 WIB
Citra Indriani,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Gubernur Riau Syamsuar telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan selama 23 hari di rumah sakit.

Berdasarkan hasil swab test, Syamsuar dinyatakan negatif Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi di Gedung Daerah Riau di Kota Pekanbaru, Rabu (30/12/2020).

"Beberapa hari lalu kita masih mendapatkan informasi bermacam-macam, ada yang bilang gubernur masih dirawat di ICU dan lain-lain. Kami tegaskan sekarang gubernur di rumahnya menjalankan rehabilitasi dan pemulihan fisik (respirasinya)," kata Yovi, Rabu.

Baca juga: Dinkes Sebut Penambahan Kasus Covid-19 di Riau Masih Fluktuatif

Dalam masa pemulihannya, Syamsuar dibantu oleh Tim RSUD Arifin Achmad dan pemulihannya sesuai dengan rekomendasi dokter.

Gubernur Riau akan menjalani masa pemulihan beberapa pekan ke depan sampai diperbolehkan beraktivitas seperti sedia kala oleh tim dokter. 

"Aktivitas fisik beliau disusun dan diatur oleh tim kesehatan, termasuk menerima tamu, melakukan kegiatan-kegiatan aktivitas fisik, itu pedomannya dari tim medis," papar Yovi.

Baca juga: Kisah Duka Bupati Luwu Timur, Wafat Usai Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Dia menjelaskan, ada penilaian dan variabel dari tim medis untuk bisa Gubernur Riau kembali beraktivitas, serta ada skala teknis mengukurnya.

Tidak hanya itu, untuk memantau kondisi Syamsuar di rumah, pihaknya juga bekerja sama dengan tim protokol sehingga lebih terpantau maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com