Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Bandung Rendam 24 RW di Kecamatan Sukajadi, 3 Sungai Meluap, Ketinggian Air hingga 1 Meter

Kompas.com - 25/12/2020, 09:24 WIB
Aprillia Ika

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Hujan deras sejak Kamis (24/12/2020) siang di Bandung membuat sejumlah wilayah tergenang banjir, dan mengganggu arus lalu lintas.

Salah satu kecamatan di Bandung yang paling parah terkena dampak banjir yakni di Kecamatan Sukajadi. Di Kecamatan ini, sebanyak 24 RW dilaporkan terendam banjir, termasuk di Pasteur.

Camat Sukajadi TB Agus Mulyadi mengatakan, 24 RW tersebut berada dalam 5 kelurahan, yakni Kelurahan Cipedes, Sukagalih, Sukabungah, Pasteur, dan Sukawarna.

Di lima kelurahan tersebut, ketinggian air banjir bervariasi hingga 1 meter. Penyebab banjir juga beraneka ragam.

Baca juga: Pengakuan Warga soal Jalan di Bandung bak Sungai Usai Hujan Deras: Ada Motor Jatuh karena Kena Arus

Luapan Sungai Cianting

Misalnya di Kelurahan Cipedes yang terendam banjir meliputi Jalan Sukagalih RT. 05 RW 09, penyebabnya karena luapan saluran air dari Sungai Cianting.

Lalu di di Gang H. Gojali RT 04 RW 07, banjir terjadi akibat meluapnya debit air di saluran Sungai Cianting, menyebabkan pemukiman warga terendam setinggi satu meter.

Lokasi banjir lainnya di Kelurahan Cipedes akibat meluapnya Sungai Cianting, terjadi di Gang Pa Elas di RW 08, kemudian di Jalan Karang Layung RT 05 RW 10, dan Jalan Sukajadi RW 09.

Baca juga: Banjir Juga Sempat Menggenangi Jalan Pasteur, Kota Bandung

Saluran drainase bermasalah

Di Kelurahan Sukagalih, banjir menggenangi Jalan Sukamulya Indah di RW 002, 003, 004, 005, dan 006, penyebabnya dari saluran drainase yang sedang diperbaiki oleh DPU Kota Bandung, debit air besar meluber ke jalan.

Berikutnya, di Jalan Babakan Jeruk III RW 006, Jalan Sukadamai RW 005, debit air yang besar tidak tertampung dan meluap dari saluran air di bawah Hotel Grand Aquila.

Kemudian di Kelurahan Sukawarna, akibat debit air di tinggi dan tidak tertampung oleh saluran drainase, mengakibatkan Jalan Cibogo Rancaherang RT 02 RW 04 digenangi oleh genangan air.

Baca juga: Banjir Terjang Kota Bandung, Satu RW Terendam Air hingga 2 Meter

 

Akibat betonisasi, depan kantor kecamatan tergenang

Agus Mulyadi menambahkan, banjir juga terjadi di depan Kantor Kecamatan Sukajadi. akibat dari saluran air yang menyempit dan dibeton oleh warga atau pemilik rumah.

Betonisasi itu mengakibatkan luapan air meluber dari Sungai Cianting ke Jalan Sukamulya dan Jalan Pasteur (Dr. Djundjunan) depan mal BTC.

"Kondisi di depan dan seberang mal BTC terjadi karena curah hujan tinggi tidak tertampung oleh tali-tali air walaupun itu sudah berfungsi dengan baik," ucap Agus Mulyadi, seperti dikutip dari Tribun Jabar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com