Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.800 Orang Telah Keluar Batam Lewat Bandara Hang Nadim

Kompas.com - 24/12/2020, 21:33 WIB
Hadi Maulana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Plt Direktur Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Teknologi Informasi Komunikasi (BUBU TIK) Hang Nadim Batam, Benny Syahroni mengatakan, jumlah penumpang yang berangkat di Bandara Hang Nadim mengalami kenaikan lebih dari 1.400 penumpang per tanggal 23 Desember 2020.

“Sehari sebelumnya (22/12/2020), jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 4.400 penumpang. Sedangkan pada Rabu (23/12/2020) telah mencapai lebih dari 5.800 penumpang, dengan total 79 penerbangan,” kata Benny di Bandara Hang Nadim, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Besok, Bandara Batam Berlakukan Rapid Test Antigen dengan Biaya Rp 275.000

Dia menambahkan, pihak BP Batam juga menyuplai stok rapid test antigen di BUBU Hang Nadim sebanyak 250 Test dan stok di laboratorium RSBP Batam 2.600 test.

Hal itu untuk memudahkan calon penumpang dalam memenuhi persyaratan administrasi untuk keberangkatan.

“Semuanya dalam keadaan siap untuk digunakan, bila terjadi peningkatan penumpang dalam beberapa waktu ke depan. Dan pelayanan ini akan kami lanjutkan hingga tanggal 4-8 Januari 2021 mendatang,” terang Benny.

Terpisah, penanggung jawab Layanan Rapid Antigen di Bandara Hang Nadim, drg Anni Maret menjelaskan, alur pemeriksaan diawali dengan mengisi data diri calon penumpang pada formulir pendaftaran.

Kemudian calon penumpang menuju kasir untuk melakukan pembayaran.

“Tarif yang sudah kami berlakukan adalah tarif resmi dari Kementerian Kesehatan, yaitu Rp 275.000 untuk wilayah tujuan di luar Pulau Jawa,” ujar Anni.

Baca juga: Keluar Masuk Batam Pakai Kapal Masih Pakai Rapid Test Antibodi, Khusus ke Bali Wajib Swab Antigen

Setelah itu, calon penumpang menuju bilik pemeriksaan menjalani rapid test antigen.

“Kisaran waktu yang dibutuhkan dari swab nasofaring ke pengambilan hasil hanya 15-20 menit,” kata Anni.

Dia menambahkan, pelayanan rapid test antigen dan antibodi di Bandara Hang Nadim Batam dimulai dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Pelaksanaan Rapid Antigen dan Antibodi Bandara Hang Nadim bekerjasama dengan RSBP Batam, mulai dari petugas pendaftaran, petugas kasir, analis hingga bagian administrasi yang mengeluarkan hasil laboratorium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com