Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Kota Bandung, Jalan Mirip Sungai Deras, 3 Mobil dan 6 Motor Terseret

Kompas.com - 24/12/2020, 21:22 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pengendara roda empat atau roda dua sebaiknya berhati-hati melewati Jalan Sukamulya, Sukagalih, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, ketika hujan turun.

Sebab, pada saat hujan deras mengguyur Kota Bandung pada Kamis (24/12/2020) sore, jalan tersebut berubah bak sungai berjeram.

Fenomena berubahnya Jalan Sukamulya menjadi sungai berarus deras terekam oleh kamera video milik salah satu warga Kota Bandung, Saeful Rohman (28).

Pada saat itu, Saeful kebetulan tengah berteduh dari guyuran hujan.

"Itu jam pulang kerja. Karena banjir saya merokok dulu saja sambil neduh di Kantor. Tiba-tiba ada Gojek masuk kantor saya. Motornya jatuh karena kena arus," kata Asep saat dihubungi Kompas.com, Kamis malam.

Baca juga: Banjir Juga Sempat Menggenangi Jalan Pasteur, Kota Bandung

Asep menjelaskan, arus air yang mengalir di Jalan Sukamulya awalnya tidak terlalu deras. Tapi lama kelamaan, arus air semakin deras dan semakin tinggi.

"Kalau di depan kantor saya ketinggian airnya sampai setinggi paha orang dewasa. Apalagi arus yang kena polisi tidur itu airnya menggelembung ke atas," tuturnya.

Saking tinggi dan derasnya air di Jalan Sukamulya, Saeful sempat mengabadikan peristiwa sebuah mobil Honda Brio berwarna kuning terseret arus yang deras.

"Brio kuning itu awalnya posisinya dari arah atas ke bawah. Karena terbawa arus posisi mobilnya jadi terbalik," ungkap Saeful.

Baca juga: Banjir di Bandung Rendam 24 RW di Kecamatan Sukajadi, 3 Sungai Meluap, Ketinggian Air hingga 1 Meter

Tenyata, sebelum mobil Honda Brio tersebut terbawa arus air sampai posisinya berbalik arah, beberapa mobil juga sempat dilihat Saeful terbawa arus air deras.

Selain itu, menurut Saeful, selama peristiwa banjir di Jalan Sukamulya berlangsung, kendaraan kendaraan yang terbawa arus kebanyakan menabrak kendaraan lain.

"Sebelum Honda Brio Kuning itu ada juga Honda Brio hitam memaksa melawan arus air. Karena enggak kuat, jadinya mundur nabrak motor Kawasaki di belakangnya. Total sepengelihatan saya ada tiga mobil yang terseret arus. Kalau sepeda motor ada enam yang jatuh terseret arus juga, cuma bisa diselamatkan sepeda motornya," bebernya.

Baca juga: Banjir Terjang Kota Bandung, Satu RW Terendam Air hingga 2 Meter

Saeful menjelaskan, arus air deras yang terjadi di Jalan Sukamulya berlangsung sekitar 1,5 jam.

"Airnya surut sekitar pukul 18.30 WIB. Tapi di Jalan Pasteur depan BTC jadi banjir. Karena Jalan Sukamulya ini posisinya di atas Jalan Pasteur," tandasnya.

Baca juga: Dampak Banjir di Bandung, 150 Rumah dan Puluhan Percetakan di Cibadak Terendam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com