Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Pohon Natal Protokol Kesehatan di Surabaya, Dihiasi Masker hingga Hand Sanitizer

Kompas.com - 24/12/2020, 16:16 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Gereja Katolik Kristus Raja Surabaya mendekorasi pohon natal dari ratusan masker, sabun cair, dan botol cairan penyanitasi tangan.

Pembuatan pohon natal protokol kesehatan itu dibantu oleh sejumlah muslim salah satunya dari Nahdatul Ulama.

Kegiatan tersebut adalah bentuk solidaritas dan gotong royong antar umat beragama di Surabaya yang selama ini terjaga baik.

Dilansir dari VOA Indonesia, Nur Cholis, salah seorang yang turut membantu mendekorasi pohon natal itu mengatakan solidaritas sesama warga Indonesia tidak hanya dilakukan pada masa Natal saja.

Baca juga: Ramainya Arus Mudik Natal dan Tahun Baru di Tengah Pandemi Covid-19...

“Ya apa salahnya kita ini ikut masang (pohon Natal), hanya memasang saja kok. Ini soal tolong menolong, gotong royong. Kebetulan saja moment-nya Natal. Walau pun tidak Natal, ya tetap kita kalau ada kegiatan (dari agama lain) ikut membantu,” jelasnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pohon natal di Gereja Katolik Paroki Kristus Raja Surabaya bukan pohon cemara.

Mereka membuat kerangka berbentuk pohon dari bambu dengan ratusan masker warna-warni dan botol hand sanitizer menjadi ornamen dekorasinya.

Baca juga: Antisipasi Covid-19, Gereja Paroki Pamulang Batasi Maksimal 150 Jemaat Saat Misa Natal

Nur Cholis mengatakan, keberadaan pohon natal yang unik ini menyampaikan pesan positif agar warga saling menjaga kesehatan satu sama lain.

Masker ini kan menurut persepsinya teman-teman itu ya perlambang, tapi bagi saya ini unik. Biasanya kami ini melihat pohon natal itu (berbentuk) pohon cemara, ada yang dari daur ulang, ada yang dari apalah, plastik dan sebagainya."

"Tapi ini dari masker. Ketika pandemi ini kan cocok, masker, hand sanitizer, sabun cair. Apalagi info dari panitia, setelah perayaan natal ini selesai, ini kemudian dicuci, kemudian dibagikan ke masyarakat.”

Baca juga: Pelanggar Protokol Kesehatan di Purbalingga Disanksi Masuk Keranda Mayat

Pohon natal protokol kesehatan di Gereja Katolik Paroki Kristus Raja Surabaya dipasang oleh umat Katolik dan sejumlah umat Islam dari NU SurabayaVOA/ Petrus Riski Pohon natal protokol kesehatan di Gereja Katolik Paroki Kristus Raja Surabaya dipasang oleh umat Katolik dan sejumlah umat Islam dari NU Surabaya
Sementara itu Pastor Kepala Paroki Kristus Raja, Romo Mercelinus Hardo Iswanto menyebut ide dan pembuatan pohon natal protokol kesehatan ini sebagai bentuk keterlibatan gereja terhadap upaya penanggulangan virus corona melalui penerapan protokol kesehatan.

“Representasi dari protokol kesehatan 3 M itu, misalnya memakai masker, di situ ada masker baru, dan itu dikumpulkan dari setiap lingkungan dan wilayah, melalui keluarga-keluarga di wilayah dan lingkungan itu, dikoordinir oleh ketua wilayahnya lalu mengirim ke gereja."

"Protokol kedua, sering cuci tangan, itu kan mengandaikan kita memerlukan sabun, maka di situ juga digantung sabun-sabun cair, juga hand sanitizer, supaya 3 M yang dijadikan sarana kita melindungi diri kita, menjaga sesama kita itu diingatkan melalui pohon natal ini,” kata Hardo Iswanto.

Baca juga: Misa Natal Dibatasi, Jemaat Pilih Datang Dua Jam Lebih Awal

Hadi, sanggota di Paroki Kristus Raja berharap umat Kristen dapat merayakan natal dengan tetap sehat melalui 3 M.

“Semoga umat di gereja ini selalu ingat akan protokol kesehatan, jadi kita akan ingat bahwa dalam masa pandemi ini ya kita harus ingat protokol itu,” jelas Hadi.

Natal dirayakan sekitar 10 persen dari 270 juta penduduk Indoesia.

Karena kasus Covid-19 yang terus meningkat, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak merayakan Natal dan Tahun Baru di tempat-tempat umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com