Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Warga di Sekitar Pasar Positif Covid-19, 240 Pedagang Jalani Rapid Test

Kompas.com - 24/12/2020, 15:00 WIB
Dani Julius Zebua,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - Sejumlah warga di kawasan Pasar Jagalan, Kapanewon (kecamatan) Kalibawang, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terkonfirmasi positif Covid-19.

Mereka adalah seorang pedagang dan beberapa warga di sekitar pasar. Pasien tersebut terkonfirmasi positif setelah pulang dari Jawa Tengah.

Baca juga: Harapan di Tengah Pandemi: Kisah Kesembuhan dan Perjuangan di Baliknya

“Positif ini memiliki riwayat ke Semarang," kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati via pesan video, Kamis (23/12/2020).

Pasar Jagalan berada dekat dengan perbatasan Kulon Progo, DIY, dan Magelang, Jawa Tengah. Ada banyak pedagang di pasar itu yang berasal dari Jawa Tengah.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melaksanakan rapid test terhadap 240 pedagang setelah temuan kasus positif Covid-19 itu. Hasilnya, 24 pedagang dinyatakan reaktif.

Dari puluhan pedagang itu, tiga di antaranya merupakan warga Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo. Sisanya, berasal dari Magelang.

Baning mengatakan, pihaknya segera berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat untuk penanganan lebih lanjut.

Gugus tugas akan melacak riwayat kasus positif Covid-19 itu dan melakukan tes swab terhadap pedagang yang reaktif.

"Kami lanjut koordinasi dengan Magelang untuk yang berasal dari luar kota. Kami akan mengambil swab pada yang reaktif," kata Baning.

Hingga Kamis (24/12/2020), sebanyak 832 kasus positif Covid-19 tercatat di Kulon Progo. Sebanyak 42 pasien dirawat di rumah sakit dan 284 orang karantina mandiri.

Baca juga: Positif Covid-19, 6 Anggota DPRD Kulon Progo Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

Selain itu, terdapat 462 pasien yang sembuh dan 17 orang meninggal.

Gugus tugas mengingatkan warga tetap mematuhi protokol kesehatan. Masyarakat juga diminta tak bepergian selama libur akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com