Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galang Dana Sengketa Pilkada Denny Indrayana ke MK Tembus Rp 145 Juta

Kompas.com - 23/12/2020, 23:30 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Penggalangan dana yang dilakukan Denny Indrayana untuk biaya sengketa Pilkada Kalimantan Selatan (Kalsel) di Mahkamah Konstitusi (MK) terus mendapat dukungan dari masyarakat luas.

Koordinator Tim Hukum Denny Indrayana-Difriadi Darjat, Jurkani mengatakan, masyarakat sudah banyak mendonasikan uang ke rekening yang telah ditentukan.

Bahkan, kata Jurkani, donasi dari masyarakat sudah melewati Rp 100 juta.

"Donasi ini kan atas desakan masyarakat dan juga relawan yang ingin memperjuangkan kemenangan Denny-Difri di MK. Total dana yang terkumpul kini mencapai Rp 145 juta," ujar Jurkani saat dikonfirmasi, Rabu (23/12/2020) malam.

Baca juga: Denny Indrayana Galang Dana Sengketa Pilkada, Kapolda Kalsel: Jangan Libatkan Masyarakat

Seluruh sumbangan masyarakat tersebut, kata Jurkani, untuk membiayai berbagai macam keperluan selama sengketa Pilkada Kalsel di MK.

Jurkani memberi contoh, biaya transportasi dan akomodasi saksi akan menggunakan biaya donasi tersebut.

"Donasi itu dipergunakan untuk transportasi, akomodasi saksi ahli. Nanti secara transparan kita umumkan penggunaan donasi itu ke publik. Jika ada sisanya, akan kita sumbangkan ke fakir miskin," jelasnya.

Dia menambahkan, donasi akan terus dibuka sampai Maret 2021 atau sidang sengketa Pilkada Kalsel dimulai.

Baca juga: Denny Indrayana Galang Dana untuk Biaya Perkara Gugatan Pilkada ke MK

Meski mendapat sorotan dari berbagai pihak, dia menyebut donasi penggalangan dana tersebut sama sekali tidak melanggar hukum.

"Ini kan tidak ada melanggar hukum sama sekali. Sudah kami cek dan ternyata sah-sah saja. Ini juga tidak memerlukan izin," pungkasnya.

Sebelumnya, calon gubernur Kalsel, Denny Indrayana resmi mengajukan perkara gugatan Pilkada Kalsel ke MK pada, Selasa (22/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Denny didampingi sejumlah pengacara kondang, salah satunya adalah mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com