Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Sebar 20.294 Rapid Test Antigen di 89 Tujuan Wisata

Kompas.com - 23/12/2020, 18:29 WIB
Dendi Ramdhani,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan 20.294 rapid test antigen bagi wisatawan yang menghabiskan libur akhir tahun di Jabar.

Rapid test itu rencananya disebar ke 89 destinasi wisata favorit se-Jabar.

"Untuk antisipasi kita lakukan rapid antigen atau swab antigen, jadi kita akan lakukan di tempat wisata tadi sebanyak 20.294 sudah mulai sekarang sama kabupaten kota supaya ada pemeriksaan (skrining). Itu langkah yang kami lakukan di Provinsi Jabar, jangan sampai ke depan ada klaster baru di tempat wisata karena kerumunan," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat lewat telepon seluler, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Polisi Rapid Test Antigen Acak ke Pengendara Mobil di Rest Area Km 57 Tol Japek

Meski demikian, kata Dedi, para wisatawan tetap dianjurkan melakukan rapid test antigen di daerah asal.

Adapun bagi warga yang sudah terlanjur datang, Dedi mengatakan, mereka akan dites di tempat tujuan wisata.

Pengelola penginapan, lanjut Dedi, juga wajib meminta surat hasil rapid test antigen kepada pengunjung.

"Kalau ada wisatawan yang tidak bawa surat antigen, kita siapkan nanti diskrining ada rapid antigen di tempat wisata. Kalau terlanjur datang ke sini ya kita lakukan rapid yang di lapangan. Intinya harus membawa surat antigen dan yang penting tetap pakai protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan kapasitas dikurangi," tuturnya.

Baca juga: Ada Syarat Rapid Test Antigen, Banyak Wisatawan Gagal Liburan ke Malang

Seperti diberitakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar operasi gabungan rapid test antigen di rest area tol di Jabar. Pengetesan akan ditujukan bagi masyarakat yang bepergian saat akhir tahun.

Berdasarkan surat dari Satuan Polisi Pamong Praja bernomor 2437/HUB.05.01/Sekretariat, ada dua tol yang jadi fokus operasi, yakni empat rest area di tol Cipularang dan Cipali. Pengetesan dimulai pada 24-27 Desember serta 30-31 Desember.

Kepala Satpol PP Jabar Ade Afriandi membenarkan adanya surat itu. Ia mengatakan, untuk Tol Cipali pengeyesan akan berlangsungdi rest area 97, 57, 72A, dan 72B. Sementara untuk di Tol Cipali difokuskan di rest area 86A, 86B, 101B, dan 102A.

Polda Jabar juga akan melakukan pengamanan lalu lintas di tiga jalur di beberapa wilayah Jabar. Pengamanan dilakukan untuk mengurai kerumunan selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Pengamanan akan dilakukan di tiga jalur yaitu, jalur tol dalam dan luar kota, jalur arteri dan jalur wisata seperti di Puncak Bogor dan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, terkait pengamanan laku lintas Nataru 2021 saat ini sudah diatur oleh pemerintah daerah masing-masing. Seluruh personel sudah dikerahkan hingga hari H pergantian tahun.

"Semua sudah diatur, kami nanti hanya melakukan pengamanan, berkaitan dengan penyekatan yang ada di wilayah masing-masing," ujar Eddy. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com