Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Banyumas, Wisatawan dari Luar Kota Wajib Bawa Hasil Tes Cepat Antigen

Kompas.com - 21/12/2020, 16:00 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Wisatawan dari luar yang berkunjung ke wilayah Banyumas, Jawa Tengah, diwajibkan membawa tes cepat antigen dengan hasil negatif.

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabuspar) Banyumas Wahyono mengatakan, kebijakan tersebut sesuai dengan instruksi dari Pemprov Jateng.

"Kami tidak membatasi kunjungan dari luar kota, tapi harus mengikuti kebijakan dari pemerintah, maka harus bisa menunjukkan rapid test antigen dengan hasil negatif," kata Wahyono saat dihubungi, Senin (21/12/2010).

Baca juga: Keluar Masuk Banten Tak Perlu Bawa Hasil Rapid Test Antigen, Kecuali...

Wahyono menjelaskan, kebijakan tersebut hanya diberlakukan bagi warga luar daerah. Untuk warga lokal diperbolehkan berwisata tanpa menunjukkan hasil tes cepat antigen, asalkan mengikuti protokol kesehatan.

Lebih lanjut Wahyono mengatakan, menghadapi libut Natal dan Tahun Baru juga akan disiagakan petugas gabungan di sejumlah obyek wisata.

"Selama libur Natal dan Tahun Baru kami melakukan pam gabungan, ada TNI, polisi, elemen masyarakat mendirikan posko di tempat wisata, ada posko kesehatannya juga," ujar Wahyono.

Baca juga: Neneknya Suspect Covid-19, Bocah 9 Tahun Ini Harus Karantina Sendiri di Rumah

Petugas akan memantau wisatawan agar mematuhi protokol kesehatan, sehingga tidak muncul klaster baru penyebaran virus corona (Covid-19).

"Kami tidak membatasi kunjungan wisatawan dari luar kota, monggo, tapi dengan satu syarat harus mengikuti aturan dari pemerintah. Obyek wisata di sini telah menerapkan protokol kesehatan, termasuk tiket masuk juga lewat aplikasi," kata Wahyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com