Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktifkan Satgas Covid-19, Tiap RW di Salatiga Peroleh Dana Rp 5 Juta

Kompas.com - 18/12/2020, 14:28 WIB
Dian Ade Permana,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah, mulai mengaktifkan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 karena jelang tahun ini jumlah pasien positif mengalami kenaikan yang signifikan.

Setiap rukun warga (RW) akan mendapatkan bantuan operasional sebesar Rp 5 juta.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan bantuan operasional tersebut akan diberikan sesuai pengajuan dari tingkat kecamatan.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Salatiga Terancam Dibatalkan, Ini Penjelasan Wali Kota Yuliyanto

"Jadi Satgas Kecamatan akan melakukan pendampingan ke kelurahan kemudian ke RW. Pengurus RW yang tanggap dan aktif dalam penanganan Covid-19 bisa mengajukan bantuan operasional tersebut," jelas Yuliyanto saat ditemui di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Jumat (18/12/2020).

Yuliyanto mengatakan anggaran bantuan operasional RW untuk penanganan Covid-19 tersebut berasal dari pos Belanja Tak Terduga (BTT).

"Klaster-klaster penyebaran Covid-19 terus bermunculan, dan ini harus diantisipasi dari tingkatan masyarakat. Pengurus RW harus aktif mendata dan melihat kondisi kesehatan pendatang, termasuk warganya," paparnya.

Dia juga menegaskan bahwa perayaan Tahun Baru 2021 akan digelar tanpa ada pesta kembang api.

"Surat Edaran (SE) mengenai pembatasan kegiatan perayaan Tahun Baru 2021 sudah kita sosialisasikan. Nanti tim gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP akan melakukan patroli keliling," kata Yuliyanto.

Baca juga: Salatiga Zona Merah, 14 Pegawai SMAN 2 Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Untuk pemudik dan wisatawan juga saya minta melakukan rapid dulu. Ini untuk memastikan kondisi kesehatannya, agar tidak ada lagi klaster keluarga di Salatiga," paparnya.

Data pada Jumat (18/12/2020), ada penambahan pasien positif 13 orang dan 29 orang yang dinyatakan sembuh.

Secara kumulatif, 460 pasien menjalani perawatan dan isolasi mandiri, pasien sembuh 830 orang, dan 25 orang meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com