Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabupaten Bogor Zona Merah Covid-19, Kecamatan Cileungsi Jadi Zona Paling Merah

Kompas.com - 17/12/2020, 18:36 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Kabupaten Bogor masuk dalam deretan kabupaten dan kota di Jawa Barat sebagai penyumbang kasus harian Covid-19 terbanyak.

Sebab, saat ini sebaran zona merah kecamatan atau zona rawan penularan Covid-19 sudah merata di 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Bahkan, tak ada satu pun kecamatan yang menyandang status zona hijau, dan rata-rata didominasi oleh zona rawan penularan Covid-19 tersebut.

"Iya betul kita sudah zona merah kalau dilihat dari skala nasional," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (17/12/2020).

Baca juga: Kabupaten Bogor Barat Memisahkan Diri, 2 Kecamatan Diajukan Jadi Calon Ibu Kota

Kasus bertambah sepekan terakhir

Meluasnya zona merah kecamatan itu seiring adanya tambahan kasus harian Covid-19 yang dilaporkan selama sepekan terakhir.

Jika dikalkulasikan, rata-rata perhari ada sampai puluhan orang yang terinfeksi Covid-19. Setidak-tidaknya sebanyak 50 orang lebih yang dilaporkan positif Covid-19 secara berturut-turut.

Artinya, adanya beberapa kecamatan yang berpindah level status dari zona oranye ke zona merah. Perpindahan level status ini menguatkan bahwa setiap kecamatan selalu ditemukan belasan orang terkonfirmasi positif.

"Kita punya pengaturan skala lokal yaitu dilacak perkecamatan jadi pusat nggak mungkin lihat perkecamatan, melihatnya pasti keseluruhan, nah dari nasional kita sudah zona merah terus zona hijau sudah nggak ada. Tapi kita tuh juga ada warna oranye," bebernya.

Baca juga: Polisi Panggil Kasatpol PP Kabupaten Bogor terkait Acara Rizieq Shihab di Megamendung

Kecamatan Cileungsi paling merah

Irwan menyebut bahwa Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat menjadi zona paling merah penularan virus Covid-19 atau paling banyak dilaporkan kasus baru.

Berdasarkan hasil tracing puskesmas menunjukkan kasus harian penularan masih terus berlangsung di masyarakat terutama pada kontak erat.

Pemeriksaan terhadap sebagian kasus dengan bergejala Covid-19 yang datang ke fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Bogor juga masih menunjukan hasil swab positif.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com