Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Sopir Travel yang Kuras Isi ATM Penumpang, Uang untuk Bayar Setoran

Kompas.com - 16/12/2020, 20:01 WIB
Rahmadhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Uang hasil menguras ATM penumpang digunakan oleh sopir travel berinisial D di Padang, Sumatera Barat, untuk membayar setoran ke pemilik mobil.

"Mobil travel itu kan bukan milik pelaku. Jadi uang yang dicuri dari ATM penumpangnya itu digunakan untuk membayar setoran. Selain itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, "ujar Kasat Reskrim Polresta Padang Rico Fernanda, Rabu (16/12/2020) melalui telepon.

Sebelumnya diberitakan seorang sopir travel di Padang Sumatera Barat ditangkap polisi karena menguras isi ATM penumpangnya. Saat ini pelaku yang berinisial D sudah ditangkap oleh pihak kepolisian.

"Pelaku ditangkap pada Selasa (15/12/2020) malam di kawasan Lolong. Pelaku ditangkap berdasarkan laporan polisi nomor : LP/680/B/SPKT Unit II," ujar Kasat Reskrim Polresta Padang Rico Fernanda, Rabu (16/12/2020) melalui telepon.

Baca juga: Sopir Travel Ini Bisa Menguras Rekening di ATM Penumpangnya, Begini Modusnya

Utak-atik PIN ATM dengan tanggal lahir

Lebih jauh dijelaskan oleh Rico, kejadian berawal saat dompet korban yang tertinggal di atas mobil travel milik pelaku pada 26 November 2020 lalu.

"Setelah mengantar semua penumpangnya termasuk korban, pelaku membersihkan mobilnya. Saat itu pelaku menemukan dompet di bawah kursi mobilnya, " sambungnya.

Kemudian pelaku memeriksa isi dompet tersebut dan menemukan ATM, uang sebesar Rp 290.000, KTP dan barang lainnya.

"Kemudian pelaku mencoba-coba salah ATM dengan memasukan PIN dengan menggunakan tanggal lahir yang terdapat di KTP dan ternyata cocok," ujarnya.

Baca juga: Iseng Utak-atik PIN dari ATM yang Tertinggal, Sopir Travel Kuras Rekening Penumpang, Ini Kronologinya

 

Ditembak polisi

Pelaku melihat uang di rekening tersebut sebanyak Rp 11,2 juta. "Pelaku menarik uang di ATM tersebut sebanyak enam kali dengan total Rp 11,1 juta, " sebutnya. 

Barang bukti yang diamankan oleh pihak kepolisian berupa CCTV ATM, rekening koran dan uang sebanyak Rp 6 juta.

"Saat akan ditangkap pelaku berusaha untuk kabur. Untuk itu petugas melakukan tindakan terukur dengan menembak kaki pelaku," ungkapnya.

Baca juga: Polisi Tangkap Sopir Travel yang Kuras Rekening di ATM Penumpangnya, Pelaku Ditembak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com