Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SOROT POLITIK

Unggul di Pilkada Tanah Bumbu, Zairullah Azhar Ingin Tingkatkan Perekonomian Rakyat

Kompas.com - 13/12/2020, 11:57 WIB
Alek Kurniawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pasangan calon (paslon) nomor urut 03, Zairullah Azhar-Muhammad Rusli (ZR), optimistis memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pasalnya, data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan, perolehan suara paslon ZR unggul 56,0 persen dari pesaing terkuatnya, Syafruddin H Maming-Alpiya Rakhman yang hanya memperoleh 41,3 persen.

Zairullah bahkan sudah memikirkan program-program apa saja yang akan dikerjakannya jika resmi menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu.

Salah satu program yang menjadi prioritas adalah perbaikan ekonomi di seluruh sektor untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu. Bukan tanpa alasan, Tanah Bumbu, kata Zairullah, merupakan daerah dengan tingkat kemiskinan dan ekonomi terendah di Kalsel.

"Hal yang sangat mendesak adalah penguatan ekonomi. Masyarakat miskin menurut data statistik ada di angka 25-30 persen. Artinya, kita berada di posisi termiskin di Kalsel. Maka dari itu, kami prioritaskan untuk menyelesaikan masalah ini," ujar Zairullah Azhar dalam rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Untuk mewujudkannya, Zairullah akan mengajak seluruh pemangku kebijakan, mulai tingkat kabupaten hingga desa untuk mencari jalan keluar agar Tanah Bumbu tidak lagi menjadi daerah termiskin di Kalsel.

Salah satu strateginya adalah dengan penguatan ekonomi kerakyatan seperti usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Selain UMKM, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu juga akan memaksimalkan kembali Bank Desa yang merupakan program saat saya masih menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu,” jelasnya.

Bank Desa ini, lanjutnya, memberikan modal dan akan melatih anak-anak muda di pedesaan agar memiliki bekal untuk membuka usaha mandiri.

"Di Bank Desa ini akan kami kumpulkan anak muda minimal tamatan SMA. Kemudian, kami latih dan beri bekal agar ke depannya bisa mengolah persoalan ekonomi di desanya," jelasnya.

Jika target-target penguatan ekonomi tersebut bisa tercapai, Zairullah optimistis Tanah Bumbu bisa keluar dari jeratan daerah dengan tingkat kemiskinan dan ekonomi terendah di Kalsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com