Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertinggal Jauh di Real Count KPU, Cabup Petahana Ogan Ilir Ajak Warga Sambut Pemimpin Baru

Kompas.com - 12/12/2020, 08:29 WIB
Amriza Nursatria,
Farid Assifa

Tim Redaksi

INDRALAYA, KOMPAS.com - Bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan, yang juga calon bupati petahana, Ilyas Panji Alam, menerima hasil sementara Pilkada Ogan Ilir yang menunjukkan penantangnya, Panca Wijaya Mawardi-Ardani, unggul dalam perolehan suara.

Ilyas bahkan mengajak warga Ogan Ilir menyambut bupati baru yang dikatakannya muda, tampan dan energik.

Ilyas Panji Alam juga tidak akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi terkait hasil sementara tersebut karena selisihnya cukup jauh.

"Pilkada sudah selesai kita sudah dapat pemimpin baru anak muda yang energik, ganteng, cerdas dan pintar. Inilah pilihan masyarakat Ogan Ilir kita harus mendukung suara rakyat ini," kata Ilyas usai sidang paripurna DPRD Ogan Ilir, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Diminta Klarifikasi Kampanye Bagi-bagi Kartu, Calon Bupati Ogan Ilir Mangkir Dipanggil Bawaslu

Ilyas juga menerima hasil pilkada tersebut, apalagi selisihnya cukup jauh 

"Ya, nerima dong, wong menangnya banyak," tambahnya.

Ilyas Panji Alam juga memastikan tidak akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi karena ia menganggap pesaingnya yang unggul di real count KPU adalah pilihan rakyat.

"Enggak ada (gugatan ke Mahkamah Konstitusi), inilah pilihan rakyat," katanya tegas.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Panca-Ardani Arwin Novansyah menyambut baik penyataan Ilyas Panji Alam yang menerima hasil sementara Pilkada Ogan Ilir yang menunjukkan pasangan Panca-Ardani unggul.

Ia juga mengapresiasi ajakan Ilyas Panji Alam untuk menyambut pemimpin Ogan Ilir yang baru.

"Kami menyambut baik pernyataan tersebut dan memberikan apresiasi terhadap ajakan Bapak Ilyas Panji Alam yang mengajak warga Ogan Ilir menyambut pemimpin Ogan Ilir yang baru," kata Arwin Novansyah.

Seperti diberitakan, dalam Pilkada Ogan Ilir 9 Desember lalu, pasangan petahana Ilyas-Endang gagal mengungguli pasangan penantangnya, Panca-Ardani.

Dalam hitungan rekapitulasi model C Salinan dari seluruh saksi TPS se-Ogan Ilir yang direkap oleh tim Panca-Ardani, diperoleh hasil pasangan Panca-Ardani mendapat 149.869 suara atau 64 persen, dan pasang Ilyas-Endang mendapat 85.373 suara atau 36 persen.

Baca juga: Gugatan Dikabulkan MA, Paslon Petahana Ilyas-Endang Kembali Jadi Peserta Pilkada Ogan Ilir

Hal sama juga terlihat dari real count di situs resmi KPU, pilkada2020.kpu.go.id. Hingga Sabtu (12/12/2020) pukul 05.03 WIB, dengan data masuk 62,79 persen, pasangan Panca-Ardani unggul dengan perolehan suara 64,0 persen.

Sementara pasangan calon petahana, Ilyas-Endang tertinggal dengan raihan suara 36,0 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com