Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kerumunan, Ganjar Minta Kepala Daerah Lakukan Pengetatan

Kompas.com - 10/12/2020, 19:41 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk melakukan pengetatan di daerahnya guna mencegah potensi kerumunan.

Menurutnya, sensitivitas kepala daerah sangat penting untuk terus melakukan pengawasan sehingga masyarakat semakin sadar bahwa pandemi Covid-19 belum baik.

"Ketika kondisi Covid-19 masih tinggi maka segera dilakukan tindakan untuk mengurangi potensi kerumunan. Seperti menutup jalan, jam malam ditegakkan, patroli ketat. Saya kira ide ini baik," jelas Ganjar dalam siaran pers, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Naik Sepeda ke TPS, Ganjar Ikut Nyoblos Pilwakot Semarang

Ganjar mengaku tak akan pernah bosan untuk mengingatkan agar masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Pemerintah harus mengintervensi dengan cara-cara yang bisa mengurangi kerumunan. Ayo kita kontrol. Saya tidak pernah bosan mengingatkan, kurangi kerumunan apapun yang terjadi," ucapnya.

Kendati demikian, tidak semua kegiatan masyarakat dilarang. Misalnya acara pernikahan, boleh tetap dilaksanakan asal tertib dan jumlahnya terbatas.

"Lebih baik resepsi ditunda dulu, yang penting akadnya dilaksanakan. Sama juga dengan perayaan hari besar agama, boleh dilaksanakan dengan jumlah terbatas. Selebihnya bisa dilaksanakan melalui streaming. Mungkin rasanya beda, tapi kondisi ini yang bisa disiasati," ungkapnya.

Baca juga: Pilkada 2020, Ganjar Bakal Mencoblos di TPS 02 Gajahmungkur Semarang

Ganjar berharap kepala daerah lebih peduli terhadap kondisi daerahnya masing-masing agar Covid-19 bisa terkendali.

"Saya minta seluruh bupati/wali kota di Jateng peduli dengan kondisi masing-masing, dan berikhtiar mengurangi kerumunan. Karena, di kerumunan itulah sebenarnya penyebaran Covid-19 terjadi," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com