Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Quick Count Pilkada Kalsel 2020: Sahbirin-Muhidin Unggul Tipis di 2 Lembaga

Kompas.com - 10/12/2020, 14:41 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Pasangan calon (paslon) nomor urut 01, Pilkada Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor-Muhidin unggul tipis berdasarkan hasil hitung cepat dua lembaga survei nasional.

Meski demikian, keunggulan itu disambut gembira oleh seluruh tim pemenangan dan relawan.

Ketua Tim Pemenangan Sahbirin Noor-Muhidin, Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, hasil hitung cepat dua lembaga survei nasional tersebut hampir sama dengan hasil hitung cepat yang dilakukan tim internal Sahbirin-Muhidin.

"Hasilnya di internal sama, kami unggul dengan perolehan 51,48 persen berbanding 48,52 persen, atau selisihnya sekitar 2,9 persen," ujar Rifqi dalam keterangan yang diterima, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Pilkada Kalsel, Sahbirin-Muhidin dan Denny Indrayana-Difriadi Saling Klaim Kemenangan

Diunggulkan dua lembaga survei dan hasil hitung cepat internal tim pemenangan, Rifqi optimistis Sahbirin-Muhidin akan mampu memenangkan kontestasi Pilkada Kalsel 2020.

"Karena itu kemudian kami berani mengumumkan ini sebagai insya Allah sebuah kemenangan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalsel," tegasnya.

Baca juga: Real Count KPU Pilkada Kalsel Data 37,16 Persen: Sahbirin-Muhidin 48,3 Persen, Denny-Difri 51,7 Persen

Dua lembaga survei yang memenangkan Sahbirin-Muhidin adalah Indikator dengan keunggulan 50,23 persen berbanding 49,77 persen milik Denny-Difri.

Kemudian ada Charta Politika yang juga mengunggulkan Sahbirin-Muhidin dengan 50,43 persen sedangkan Denny-Difri 49,57 persen.

Sebelumnya, Tim Pemenangan Sahbirin Noor lebih dulu mengklaim kemenangan melalui konferensi pers yang digelar di salah satu hotel dari Banjarmasin berdasarkan hasil hitung cepat internal tim pemenangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com