Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Real Count KPU Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Data 31,79 Persen: Ade-Cecep Unggul Tipis

Kompas.com - 10/12/2020, 13:29 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis resmi hasil real count Pilkada Tasikmalaya melalui laman resminya Pilkada2020.kpu.go.id.

Sesuai pantauan rilis sampai pukul 12.26 WIB, Kamis (10/12/2020), data yang sudah masuk baru 1.189 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari jumlah seluruhnya 4.191 TPS atau 31,79 persen.

Pasangan petahana nomor urut 2 Ade-Cecep masih unggul tipis dengan perolehan suara 32,9 persen dan bersaing ketat dengan pasangan nomor 4 Iwan-Iip 32,4 persen.

Baca juga: Polisi dan KPU Bubarkan Nonton Bareng Real Count Pilkada Tasikmalaya

Sesuai hasil data yang masuk sementara pasangan calon petahana nomor urut 2 Ade-Cecep unggul telak sementara di wilayah Cigalontang dengan data masuk kecamatan 57,53 persen dengan perolehan suara 10.177 dan pasangan nomor 4 Iwan-Iip 5.030 suara.

Sementara, pasangan nomor 4 Iwan-Iip unggul telak di Kecamatan Ciawi dengan data masuk 76,69 persen dan perolehan suara 9.910, sedangkan Ade-Cecep sebesar 6.327.

Dari data 39 kecamatan Kabupaten Tasikmalaya, kedua pasangan calon hampir imbang menang di beberapa wilayah kecamatan.

Meski demikian, data yang sudah masuk di real count laman KPU ini tak bisa menjadi dasar pasangan mana yang menjadi pemenang Pilkada Tasikmalaya 2020.

Penentuan pemenang tentunya sesuai hasil rekapitulasi langsung hasil suara di seluruh TPS secara berjenjang oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Hasil penentuan pemenang nantinya baru akan dirilis resmi seusai hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Baca juga: Unggul Quick Count Pilkada Tasikmalaya, Iwan Saputra-Iip Miftahul Paos Sujud Syukur di Pinggir Jalan

Adapun Pilkada Tasikmalaya 2020 terdapat empat pasangan calon yang bersaing yakni nomor urut 1 pasangan Azis Rizmaya Mahfud-Haris Sanjaya (Demokrat dan Gerindra), nomor urut 2 Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin (PDIP dan PPP), nomor urut 3 Cep Zamzam Nur-Fadil Karsoma (Perseorangan) dan nomor urut 4 Iwan Saputra-Iip Miftahul Paos (Golkar, PKB, PAN, PKS dan Nasdem).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com