Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quick Count Internal, Arief-Tri Yuli Klaim Unggul di Pilkada Blora

Kompas.com - 10/12/2020, 08:08 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BLORA, KOMPAS.com - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Blora Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati (Artys) klaim unggul dalam hitung cepat yang digelar oleh Badan Saksi Pemenangan Nasional Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Dari hitung cepat hingga Rabu (10/12/2020) pukul 17.00, tercatat sudah ada 70 persen suara yang masuk.

Hasilnya menyatakan jika pasangan Artys nomor urut 2 meraih suara sebesar 214.441 atau sekitar 58,93 persen.

Kemudian pasangan Umi Kulsum-Agus Sugiyanto nomor urut 3 dengan perolehan 138.724 suara atau sekitar 38 persen dan terakhir pasangan Dwi Astutiningsih-Riza Yudha meraih suara sebanyak 10.730 suara atau sekitar 3 persen.

"Grafik naik turunnya 1 persen untuk data masuk di atas 60 persen. Sehingga kami menyatakan menang dalam Pilkada Blora. Kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Blora," kata Arief didampingi Tri Yuli di Kantor DPC PDI-P Blora, Rabu.

Baca juga: Pilkada Kalteng, Sugianto-Eddy Klaim Menang Berdasarkan Quick Count Charta Politica

Meski demikian, Arief meminta kepada seluruh pendukung serta relawan untuk tetap tenang hingga menunggu hasil keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ini dalam rangka memberi informasi kepada masyarakat atas hasil hitung cepat. Tentunya kami tetap menunggu pengumuman resmi KPU," kata Arief.

Selanjutnya, Arief berujar, akan menuntaskan sisa tugasnya sebagai Wakil Bupati Blora sembari menunggu pengumuman resmi dari KPU Kabupaten Blora.

Dalam kesempatan itu pula, Arief akan membuka pintu lebar-lebar untuk menjalin komunikasi dengan seluruh pendukung, relawan serta partai pengusung.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Blora atas kepercayaannya. Terima kasih kami ucapkan juga kepada seluruh partai pengusung PDI Perjuangan, PKB, PKS, Perindo dan seluruh relawan dan pendukung," ujar Arief.

Baca juga: Hendy-Firjaun Unggul di Quick Count Pilkada Jember, Pendukung: Jangan Olok-olok Siapa Pun

Ketua DPC PDI-P Blora HM Dasum mengapresiasi kerja keras seluruh tim yang telah memenangkan pasangan Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati (Artys).

"Kami sudah dalam kemenangan dalam hitung cepat. Terimakasih kepada semuanya yang menginginkan perubahan," pungkas Dasum.

Sementara itu Ketua KPU Blora M Hamdun meminta semua pihak untuk bersabar mengikuti tahapan Pilkada 2020. Pengumuman secara resmi untuk pemenang Pilkada Blora akan diumumkan mendatang.

"Tahapannya akan dimulai besok," katanya.

Hasil quick count ini bukan merupakan hasil resmi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang untuk menetapkan pemenang Pilkada Blora 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com