Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Quick Count Pilkada Grobogan, Sri-Totok Raih 88,5 Persen Kalahkan Kotak Kosong

Kompas.com - 09/12/2020, 22:35 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Khairina

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Pasangan calon tunggal Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto mengalahkan kotak kosong di Pilkada Grobogan, Jawa Tengah versi hitung cepat oleh internal tim pemenangannya.

Pasangan Sri-Bambang diklaim kantongi 88,65 persen suara, sementara kotak kosong hanya meraih 11,35 persen.

Hasil hitung cepat tersebut disampaikan Sekretaris DPC PDIP Grobogan Agus Siswanto.

"Hasil rekap sementara di hampir seluruh kecamatan kita peroleh 88,65 persen suara sah dan 11,35 persen untuk kotak kosong. Total suara sah yang sudah masuk dan kita rekap baru sekitar 200 ribuan. Target kita kantongi suara lebih dari 90 persen," kata Agus saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Hasil Quick Count Pilkada Wonogiri, Paslon Petahana Klaim Menang Telak

Menurut Agus, hitung cepat tersebut berdasarkan rekap dari laporan saksi-saksi di setiap TPS. Agus pun menyebut rekapitulasi itu merupakan data riil, bukan berdasarkan sampling seperti yang dilakukan dari proses quick count.

Karenanya, proses rekapitulasi tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama lantaran banyaknya jumlah TPS.

"Total ada 2.971 TPS dalam Pilkada kali ini. Untuk data perolehan suara yang masuk baru sekitar 25 persen dari jumlah TPS keseluruhan. Kami berharap hasil akhir partisipasi pemilih mencapai 60 persen hingga 70 persen," kata Agus.

Baca juga: Unggul Atas Kotak Kosong di Pilwalkot Semarang, Hendi-Ita Sujud Syukur

Sementara itu, dari pantauan di sejumlah TPS, hampir keseluruhan suara paslon Sri-Totok mengungguli kotak kosong dengan selisih angka yang signifikan.

Salah satunya di TPS 17 Kelurahan Purwodadi dimenangkan paslon Sri-Totok dengan meraih 115 suara dan kotak kosong mengantongi 50 suara.

Di TPS yang menjadi tempat "nyoblos" Sri Sumarni ini, ada dua suara tidak sah dan 100 orang tidak hadir untuk menggunakan hak pilihnya atau golput.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com