Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Persaudaraan Nomor 1, Kepentingan Nomor 2"

Kompas.com - 09/12/2020, 12:36 WIB
Kontributor Sumba, Ignasius Sara,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

WAINGAPU, KOMPAS.com - Dua calon bupati Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Khristofel Praing dan Umbu Lili Pekuwali sudah menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Sumba Timur 2020, Rabu (9/12/2020).

Pantauan Kompas.com, Umbu Lili Pekuwali bersama istri menggunakan hak pilihnya di TPS 18, Kelurahan Kambajawa, Kecamatan Kota Waingapu.

Baca juga: Pilkada Surabaya, Machfud Arifin: Kekalahan dan Kemenangan Kita Serahkan kepada Tuhan

Sementara Khristofel Praing bersama istri melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17, Kelurahan Kamalaputi, Kecamatan Kota Waingapu.

Kepada wartawan, Umbu Lili mengatakan, dia optimistis memenangi pilkada karena antusias masyarakat sangat tinggi selama masa sosialisasi hingga kampanye.

"Kami melihat bahwa dalam proses yang kami sudah jalani, mulai dari sosialisasi sampai dengan masa kampanye. Kemudian antusias masyarakat yang mengikuti tahapan yang dilakukan oleh paket kami. Kami optimis bahwa paket kami menang dalam pilkada ini," kata Umbu di TPS 18, Rabu.

Baca juga: Seputar Pilkada Surabaya, Eri Minta Doa Restu ke Risma dan Machfud Jalan Kaki

Ia berharap seluruh proses yang sedang berlangsung hingga tahapan penghitungan suara harus dilaksanakan sesuai dengan aturan, jujur, adil, dan transparan.

Sementara itu, Khristofel Praing mengungkapkan, dirinya sangat optimis mengalahkan Umbu Lili.

Hal itu karena militansi tim kerja, simpatisan, relawan, dan tim keluarga selama masa sosialisasi dan kampanye.

"Semua berjalan simultan. Kami sudah menjangkau hampir 1.000 titik (pertemuan) dan antusiasme masyarakat begitu tinggi. Tidak pernah ada pertemuan 'Paket Sehati' yang sedikit, selalu ramai terus. Kita bisa merasakan bagaimana antusiasme masyarakat itu terhadap kerinduan akan sebuah perubahan di Sumba Timur ini," ujar Khristofel kepada sejumlah wartawan di Waingapu, Rabu.

Ia mengimbau kepada seluruh pendukungnya untuk menerima hasil Pilkada 2020 dengan tetap menjaga situasi kondusif.

"Karena bagi saya persaudaraan itu adalah nomor satu, kepentingan itu nomor dua. Apapun hasilnya, siapa pun yang terpilih, dia menjadi pemimpin Sumba Timur," ujar Khristofel.

Khristofel Praing-David Melo Wadu (SEHATI) merupakan pasangan calon nomor urut 01 dan Umbu Lili Pekuwali-Yohanis Hiwa Wunu (ULP-YHW) merupakan paslon nomor urut 02 pada Pilkada Sumba Timur 2020.

Khristofel Praing-David Melo Wadu diusung PDI-P, Nasdem, PAN, Hanura, Demokrat, Gerindra, dan PKPI.

Sementara Umbu Lili Pekuwali-Yohanis Hiwa Wunu diusung Parta Golkar dan PKB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com