Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Padang Buat TPS Keliling untuk Pasien Covid-19 yang Jalani Karantina

Kompas.com - 09/12/2020, 09:48 WIB
Rahmadhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat, membuat TPS keliling untuk pasien positif Covid-19 yang menjalani karantina, baik di rumah sakit maupun di tempat lainnya.

"Petugas TPS terdekat di lokasi karantina tersebut akan mendatangi pasien positif Covid-19 untuk melakukan pemilihan," ujar Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, Selasa (8/12/2020) kepada Kompas.com.

Lebih jauh dikatakan Riki, nantinya para petugas penyelenggara pemilu menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap ketika mendatangi lokasi karantina yang ada di Kota Padang.

"Orang yang bisa dilayani tersebut adalah orang yang sudah terdaftar dalam DPT dan kemudian mengurus surat pindah, minimal satu hari sebelum hari pemilihan, " ujarnya.

Baca juga: Warga Kota Padang Sudah Diperbolehkan Menggelar Pesta Pernikahan

Pemilih di lokasi karantina akan dilayani satu jam sebelum TPS ditutup.

"Misalnya TPS dibuka dari jam 8 pagi sampai jam satu siang, maka petugas TPS akan berada di lokasi karantina pada jam 12 siang, " sebutnya.

Nantinya, kata Riki, pasien akan memilih di tempat khusus yang disediakan di lokasi karantina. Kemudian pemilih akan dipanggil secara bergantian untuk melakukan pencoblosan.

"Sedangkan pasien yang menjalani rawat inap di rumah sakit, mereka akan didatangi oleh petugas ke ruangannya masing-masing, " sebutnya.

Baca juga: Ini Kawasan Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak di Kota Padang

Sedangkan di TPS biasa, kata Riki, petugas dan pemilih wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti harus memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak tempat duduk.

"Akan dilakukan pengecekan suhu tubuh bagi pemilih, kemudian disediakan sarung tangan sekali pakai. Untuk menghindari kerumunan atau penumpukan, maka akan diatur jadwal pemilih," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com