Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Cilacap dan Istri Positif Covid-19, Ratusan ASN Jalani Tes Swab

Kompas.com - 08/12/2020, 14:24 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, Jawa Tengah, menjalani tes swab massal, Selasa (8/12/2020).

Swab tersebut dilakukan terhadap ASN yang kontak erat dengan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan istrinya, Tetty Rohatiningsih, beberapa hari sebelum dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Ini untuk mengantisipasi bahwa Pak Bupati pada hari Jumat ada kegiatan, termasuk yang kontak erat dengan Bu Tetty," kata Sekda Cilacap Farid Ma'ruf kepada wartawan, Selasa (8/12/2020).

Baca juga: Istri Bupati Cilacap Terkonfirmasi Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Farid mengatakan tes swab massal di pendapa kabupaten sebagian besar diikuti oleh ASN di lingkungan setda yang kontak erat dengan bupati dan istrinya.

"Kalau ada yang kontak erat dengan ibu pada Jumat dan Sabtu kemarin silakan kalau ada gejala untuk segera lapor ke puskesmas terdekat," ujar Farid.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, tes swab massal digelar di dua lokasi, yaitu di pendapa kabupaten dan aula Kantor Diklat.

"Tadi pagi sampai siang sebanyak 125 orang (mengikuti tes swab) di pendapa. Sekarang dimulai lagi di aula Diklat," kata Pramesti melalui pesan singkat.

Baca juga: Sebelum Positif Covid-19, Bupati Cilacap Sempat ke Jakarta

Diberitakan sebelumnya, Bupati Cilacap dan istrinya dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Saat ini keduanya tidak menunjukkan gejala dan tengah menjalani isolasi mandiri di rumah dinas bupati.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Tatto sempat ada acara keluarga ke Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Selanjutnya pada Jumat (4/12/2020), Tatto menerima kunjungan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Letjen Doni Monardo dalam rangka rapat koordinasi penanggulangan bencana dan Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com