Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Saja Penerima Vaksin Covid-19 di Jabar? Ini Kata Ridwan Kamil

Kompas.com - 07/12/2020, 20:57 WIB
Dendi Ramdhani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, ada tiga pihak yang diutamakan mendapat vaksin Covid-19.

Masing-masing yakni, tenaga kesehatan, TNI dan Polri, serta warga di zona merah yang mayoritas berada di wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) dan Bandung Raya.

Baca juga: Data Terbaru, 6 Daerah di Jabar Jadi Zona Merah

“Jika diminta prioritas vaksin, maka kita prioritaskan sebanyak 350.000 untuk tenaga kesehatan dan 150.000 untuk TNI dan Polri yang bertugas langsung dalam mengatasi pandemi di garis depan, kira-kira begitu,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (7/12/2020).

Namun, Emil mengatakan, sejauh ini belum ada instruksi khusus dari pemerintah pusat mengenai berapa yang akan diberikan ke daerah, dari total 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 yang sudah ada.

Baca juga: Rumah Sakit Mulai Penuh, Jabar Siapkan 15 Gedung untuk Pasien Covid-19

“Untuk vaksin, kami belum ada arahan dari pemerintah pusat jatahnya berapa, 500.000, sejuta, 1,2 juta, kita belum tahu. Tapi urutan kita kalau pakai shaf (baris), shaf yang pertama itu tenaga kesehatan, shaf keduanya TNI dan Polri, shaf 3 adalah mereka di zona merah,” tutur Emil.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, vaksin Covid-19 yang telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2020), berbahan baku virus SARS-CoV-2 yang telah inaktivasi.

Saat ini, telah ada 1,2 juta vaksin Covid-19 yang diterima Indonesia dari produsen Sinovac asal China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com