Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit Mulai Penuh, Jabar Siapkan 15 Gedung untuk Pasien Covid-19

Kompas.com - 07/12/2020, 18:49 WIB
Dendi Ramdhani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, tingkat keterisian rumah sakit di Jabar sudah mencapai 75 persen.

Padahal, pada pekan lalu, keterisian rumah sakit di Jabar hanya 60 persen.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Emil itu tengah menyiapkan ruang perawatan alternatif berupa 11 gedung pemerintah dan 4 hotel untuk dijadikan ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

Baca juga: Data Terbaru, 6 Daerah di Jabar Jadi Zona Merah

"Karena keterisian rumah sakit di Jabar itu sudah mencapai 75 persen. Maka sesuai prosedur, kami sedang menyiapkan 11 gedung pemerintah. Ada asrama-asrama yang akan dikelola sebagai ruang isolasi oleh dokter tenaga kesehatan, dan 4 hotel," ujar Emil di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (7/12/2020).

Gedung dan hotel itu juga disiapkan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus usai pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 nanti.

Baca juga: Rizieq Shihab Dipanggil Pekan ini, Polda Jabar Imbau Tak Bawa Massa

Kabar baiknya, menurut Emil, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Jabar mencapai 80 persen, dengan angka kematian 1,6 persen.

"Mudah-mudahan terus kita jaga tingkat kesembuhannya. Rt (angka reproduksi) juga di bawah 1, yang memburuk hanya tingkat ruang isolasi dari rumah sakit," kata dia.

Baca juga: Kisah Bayi 8 Bulan yang Menunggu Kepastian Operasi Berbiaya Rp 1 Miliar

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengumumkan ada 6 daerah yang masuk kategori zona merah berdasarkan data terbaru level kewaspadaan Covid-19.

Daerah tersebut yakni Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Majalengka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com