Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Cilacap Positif Covid-19, Sejumlah Pejabat Pemkab WFH

Kompas.com - 07/12/2020, 13:07 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com- Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, Jawa Tengah, untuk sementara waktu bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Pasalnya Bupati Tatto Suwarto Pamuji terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) Sabtu (5/12/2020) atau sehari setelah acara rapat koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) di Cilacap, Jumat (4/12/2020).

"Saya WFH sementara karena waktu Pak Doni (Kepala BNPB) kunjungan ke sini, saya makan siang satu meja dengan Pak Bupati," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Cilacap Farid Ma'ruf saat dihubungi, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Covid-19 di Cilacap, Bupati Terpapar hingga Dirikan Tenda Darurat untuk IGD Rumah Sakit

Beberapa pejabat di lingkungan Pemkab yang sempat mengikuti acara tersebut juga WFH.

"Yang kontak dekat WFH dulu, karena satu meja dengan Pak Bupati. Tapi pemerintahan tetap berjalan dengan normal, semuanya lancar," ujar Farid.

Lebih lanjut Farid mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) rencananya akan menggelar tes swab massal terhadap orang yang sempat kontak dengan bupati di pendapa, Selasa (8/12/2020).

"Kami belum tahu persis berapa jumlahnya, tapi Dinkes menyiapkan sebanyak-banyaknya, yang merasa kontak dengan Pak Bupati pada tanggal 2 hingga 4 Desember silakan datang," ujar Farid.

Farid mengatakan, juga akan menjalani tes swab bersama pejabat lainnya.

"Karena hari Jumat (kunjungan BNPB) kan banyak tamu. Tes swab digelar besok, karena menurut dokter waktu yang efektif (untuk mengetahui) tertular atau tidak itu setelah empat hari, kalau satu dua hari belum kelihatan," jelas Farid.

Baca juga: Bupati Cilacap Positif Covid-19, Sempat Rapat dengan Kepala BNPB Doni Monardo

Diberitakan sebelumnya, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Kabar tersebut disampaikan sendiri oleh Tatto melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (6/12/2020).

"Pada hari Sabtu (5/12/2020) pukul 16.00 WIB, saya mendapat informasi bahwa hasil pemeriksaan laboratorium PCR atas nama saya terkonfirmasi positif Covid-19," kata Tatto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com