Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Polisi Bantu Distribusikan Logistik Pilkada ke Pulau Terluar di Sangihe

Kompas.com - 06/12/2020, 13:02 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Baharkam Polri membantu Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara mendistribusikan logistik pilkada ke pulau terluar di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, Kapal Polisi (KP) Prahasta-7015 dikerahkan untuk mengangkut logistik ke Pulau Marore dan Kendahe.

"Distribusi logistik di pulau terluar di Sangihe dilakukan sejak, Sabtu (5/12/2020)," kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, Minggu (6/12/2020).

Baca juga: Debat Pilkada Sulut, Olly Jaga Keberagaman dan VAP Janji Tak Nepotisme

Jules menjelaskan, logistik pilkada untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulut tersebut dikawal ketat oleh pihak kepolisian sejak dari gudang logistik kantor KPU Sangihe menuju Pelabuhan Nusantara, Tahuna, Sabtu.

"Kemudian diturunkan dari truk milik Polres Kepulauan Sangihe, dan dipindah ke KP Prahasta-7015," ujarnya.

Dia menuturkan, proses distribusi awal dari kantor KPU hingga ke pelabuhan ini turut diawasi langsung oleh Kapolres Kepulauan Sangihe AKBP Tony Budhi Susetyo dan Kabagops Kompol Sabri Suma.

Baca juga: Kapolsek di Sulut Sampai Ikut Makamkan Pasien Reaktif Rapid Test yang Ditolak Warga

Selanjutnya, sekitar pukul 11.45 Wita, KP Prahasta-7015 berangkat dari Pelabuhan Nusantara, Tahuna menuju wilayah Kecamatan Kendahe dan Kecamatan Kepulauan Marore.

“Informasi diperoleh dari Polres Kepulauan Sangihe, rute distribusi dimulai dari Kendahe yang meliputi Kampung Lipang kemudian menuju Kampung Kawaluso. Dan KP Prahasta-7015 tiba di Lipang sekitar pukul 13.30 Wita,” ujar dia.

Saat di Kampung Lipang, KP Prahasta-7015 tidak bisa berlabuh.

Tak mau menyerah begitu saja, petugas kemudian menurunkan perahu karet untuk membawa logistik pilkada menuju dermaga setempat.

“Logistik pilkada untuk sementara disimpan dan diamankan di Pospol Kampung Lipang, Kendahe,” jelas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

KP Prahasta-7015 lalu melanjutkan perjalanan menuju Kampung Kawaluso. Setelah selesai mendistribusikan logistik di wilayah Kendahe, kapal akan melanjutkan tugas distribusi ke wilayah Marore.

“Diperkirakan KP Prahasta-7015 tiba di Marore Sabtu malam. Untuk rute distribusinya, yaitu Matutuang, Kawio, dan terakhir di Marore,” pungkas Jules.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com