Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Meningkat, RSUD Jombang Kelebihan Pasien Covid-19

Kompas.com - 03/12/2020, 15:44 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengalami peningkatan dalam dua bulan terakhir.

Peningkatan itu berdampak pada status Kabupaten Jombang sebagai zona merah dalam peta perkembangan kasus Covid-19.

Adanya peningkatan jumlah kasus Covid-19 juga tampak dari banyaknya pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang.

Direktur RSUD Jombang Pudji Umbaran mengungkapkan, pada November hingga awal Desember 2020, jumlah pasien Covid-19 meningkat hingga 100 persen.

Dua bulan lalu, jumlah pasien Covid-19 rata-rata 20-25 orang setiap hari. Namun, sejak November, jumlah pasien Covid-19 rata-rata 40-50 orang setiap hari.

Baca juga: Menyusul Suaminya, Istri Dokter Sardjono Meninggal akibat Covid-19

"Itu salah satunya yang menyebabkan Jombang menjadi zona merah," kata Pudji Umbaran, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/12/2020).

Menurut Pudji, meski sudah bisa diantisipasi dengan penambahan ruang perawatan dan isolasi, peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 membuat RSUD Jombang mengalami kelebihan.

Sejak dua hari lalu, pihaknya mulai menambah ruang untuk menangani pasien Covid-19 yang memerlukan perawatan dan isolasi di rumah sakit.

"Memang terjadi luberan, boleh dibilang juga over kapasitas. Namun demikian, strategi terkait dengan penyiapan lokal (ruang perawatan dan isolasi) tambahan sudah kami persiapkan dan laksanakan," ujar Pudji.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com