Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen Siap Maju Pencalonan Ketua Umum PPP

Kompas.com - 02/12/2020, 13:17 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen siap menerima pencalonannya sebagai Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam Muktamar IX.

Putra ulama karismatik almarhum Kiai Haji Maimoen Zubaer itu memutuskan maju setelah menerima amanah dari dari sejumlah pengurus DPW.

"Setelah saya mendengarkan masukan, saran dan dukungan dari DPW PPP dan DPC PPP dari Sabang sampai Merauke, juga dukungan dari para kiai, ulama, ormas Fusi PPP,  Asparagus (Aspirasi Para Gus), kader PPP baik yang di struktural maupun kader simpatisan di seluruh Indonesia, maka dengan mengharap ridh1a Allah SWT seraya mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya menerima amanah untuk dicalonkan sebagai ketua umum dalam Muktamar IX PPP," kata Gus Yasin di Semarang, Selasa (1/12/2020) malam.

Baca juga: Nama Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Diusulkan Jadi Ketua Umum PPP

Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini mengaku sudah berkomunikasi dan mendapat dukungan pengurus DPW PPP dari Jateng, Jabar, Jatim, DKI Jakarta, Kalimantan, Sulawesi, NTB, dan Sumatera.

"Niat kita satu yaitu ingin mengembalikan PPP ke khitah, ke fusi, kepada asasnya," ujarnya.

Menurut Gus Yasin, Muktamar IX PPP mendatang merupakan momentum untuk mempertegas PPP sebagai partai Islam dan membangun PPP sebagai rumah besar bagi umat Islam.

"Semoga niat, kebersamaan, dan ikhtiar kita menjadikan PPP sebagai kiblat persatuan umat Islam segera terwujud dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang bersatu, berdaulat, dan bermartabat," katanya.

Baca juga: Pelantikan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Tunggu Arahan Pemerintah Pusat

Gus Yasin mengenang pesan almarhum KH Maimoen Zubaer yaitu PPP meskipun kecil, tapi keberadaannya harus tetap dipertahankan karena memiliki misi yang sangat mulia yaitu menunaikan tugas mengajak umat manusia kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran.

"Pada Surah An-Nisa ayat 59, bagi PPP kesetiaan dan ketaatan terhadap pemerintah NKRI yang sah penting untuk dijaga sebagai implementasi keimanan kita," ungkapnya.

Kegiatan Silaturahmi Deklarasi Calon Ketua Umum PPP Taj Yasin Maimoen pun digelar di Hotel Grand Candi Semarang dengan protokol kesehatan ketat.

Ketua DPW PPP Kalimantan Tengah Awaludin Noor mengatakan Gus Yasin merupakan sosok muda yang memiliki prestasi dan berpengalaman.

"Beliau (Gus Yasin) masih muda, tentu kita berharap berkah dari para ulama, beliau juga bagian dari ulama, anak ulama, nasabnya jelas, prestasinya juga bagus, pernah menjadi anggota DPRD Jateng, menjabat Wagub Jateng sampai sekarang, tahu akar masalah PPP. Tentu ini harus kita konsultasikan kepada seluruh DPC dan DPW pemegang suara muktamar agar memilih beliau," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com