Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, RS Rujukan Covid-19 di Boyolali DItambah

Kompas.com - 02/12/2020, 06:23 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waras Wiris Boyolali, Jawa Tengah, akan dioperasikan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 sebelum libur cuti bersama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Rumah sakit berlokasi di Kecamatan Andong ini dapat menampung sebanyak 16 pasien positif Covid-19, baik kategori sedang maupun berat.

"RSUD Waras Wiris rencana untuk persiapan penanganan Covid-19 akan kita buat sebagai bangsal baru khusus menangani kasus Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Boyolali, Ratri S Survivalina di sela meninjau kesiapan rumah sakit tersebut, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: Benteng Vastenburg Solo Dijadikan Lokasi Karantina Pemudik, Gunakan Tenda TNI hingga Imbauan Wali Kota

Dia mengatakan ada delapan kamar yang disiapkan untuk pasien Covid-19 berada di Bangsal Eidelweis. Masing-masing kamar terdapat dua tempat tidur.

Adapun penambahan rumah sakit rujukan Covid-19 sebagai antisipasi terjadinya lonjakan kasus pada libur cuti bersama Natal dan Tahun Baru.

"Sekarang mulai ada kecenderungan jumlah kasus itu meningkat. Dan meningkatnya terutama di kondisi sedang sampai berat," kata Ratri.

Terlebih lagi, Ratri menyebut, penambahan RSUD Waras Wiris sebagai rujukan Covid-19 juga karena Ruang Brotowali 1 RSUD Pandanarang dan Ruang Brotowali 2 RS Darurat Covid-19 sudah hampir penuh.

Baca juga: Perbaikan Jembatan Penggaron Picu Kemacetan di Tol Semarang-Solo

Disebutkan Ratri, Ruang Brotowali 1 yang memiliki kapasitas sebanyak 20 tempat tidur sudah terisi oleh pasien Covid-19.

Sedangkan, Ruang Brotowali 2 yang memiliki kapasitas sebanyak 100 tempat tidur sekarang sudah terisi sekitar 80 persen pasien terpapar Covid-19.

"Jadi, tinggal sisa 20 tempat tidur," kata Ratri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com