Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi Boven Digoel Kondusif Pasca Rumah Salah Satu Paslon Dibakar Massa

Kompas.com - 01/12/2020, 20:02 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Situasi di Kabupaten Boven Digoel, Papua, Selasa (1/12/2020) cukup kondusif pasca aksi massa pada Senin (30/11/2020) kemarin. 

Sebelumnya, Senin kemarin massa membakar rumah Wakil Bupati Boven Digoel H Chaerul Anwar juga yang merupakan calon bupati nomor urut 2.

Massa juga melakukan perusakan kantor bupati, dan penganiayaan terhadap salah satu wartawan dan anggota Polres Boven Digoel.

Tak hanya itu, massa juga menyerang aparat keamanan yang bertugas di kantor KPU setempat. Satu anggota Brimob terkena panah di bagian punggung kiri.  

Aksi ini dilakukan oleh massa yang tidak terima dengan hasil keputusan KPU RI Nomor 584/PL.02.2-Kpt/06/KPU/XI/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel Tahun 2020 pada 28 November 2020. 

Baca juga: 400 Warga Bakar Rumah Calon Bupati Boven Digoel, Papua, Anggota Polisi Luka Terkena Panah

Dalam keputusan ini, KPU RI tidak menetapkan pasangan Yusak Yaluwo dan Yakob Weremba.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, pasca aksi massa, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan paslon nomor urut 4. 

"Mereka pun berkomitmen tidak akan melakukan mobilisasi massa maupun aktivitas lainnya, dan akan melakukan gugatan sesuai mekanisme hukum yakni melalui Panwas," ujar Kamal, Selasa malam. 

Kamal mengatakan, tadi pagi beberapa personel juga telah melakukan pembersihan di beberapa titik yang terjadi pemalangan menggunakan ban bekas yang dibakar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com