Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blora Persiapkan 50 Persen Sekolah Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Kompas.com - 01/12/2020, 12:52 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BLORA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Jawa Tengah berencana menerapkan kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka untuk operasional sekolah pada awal 2021.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Endang Rukmiati mengatakan, untuk sementara dalam pelaksanaanya nanti hanya akan diikuti oleh 50 persen sekolah yang telah menyatakan kesiapannya.

Adapun jumlah keseluruhan satuan pendidikan di bawah tanggung jawab Dinas Pendidikan Kabupaten Blora yaitu sebanyak 674 Sekolah Dasar (SD) dan 152 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca juga: Terdengar Gemuruh dan Semburkan Gas, Pengeboran Sumur di Blora Dihentikan di Kedalaman 48 M

"Tentunya target 50 persen sekolah itu dibarengi dengan persiapan infrastruktur protokol kesehatan hingga jam pembelajaran," kata Endang saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Selasa (1/12/2020).

Dijelaskan Endang, sebelum pelaksanaan pembelajaran tatap muka, sedikitnya sudah ada 36 sekolah tingkat SD dan SMP yang dinilai tuntas melakukan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM). 

Sementara, untuk jumlah keseluruhan sekolah di bawah tanggung jawab Dinas Pendidikan yakni ada sebanyak 674 SD dan 152 SMP.

"Belum bisa buka serentak dan prosesnya bertahap. Kami masih melakukan pengamatan serta pendataan di setiap wilayah," ungkap Endang.

Baca juga: Cerita di Balik Foto Kakek Gendong Jasad Cucu dan Pulang Naik Motor di Blora

Menurut Endang, salah satu persyaratan sekolah yang akan menerapkan pembelajaran tatap muka yakni setiap guru harus menjalani rapid test hingga dipastikan bebas Covid-19.

"Jika reaktif, harus menjalani tes swab sampai hasilnya dinyatakan negatif Covid-19," kata Endang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com