Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Gubernur Erzaldi: Pandemi Jadi Peluang Inovasi Dunia Pendidikan untuk SDM Lebih Unggul

Kompas.com - 28/11/2020, 16:47 WIB
Agung Dwi E

Penulis

KOMPAS.com – Anugerah Dwija Praja Nugraha yang diterima Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menambah semangat dirinya untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Hal tersebut ia ungkapkan dalam sambutan prosesi penerimaan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2020, Sabtu (28/11/2020).

"Kami bersyukur mendapat penghargaan ini. Mudah-mudahan dengan penghargaan ini, perhatian kami terhadap dunia pendidikan semakin terpacu lagi," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Erzaldi juga berharap agar pandemi Covid-19 tidak dijadikan suatu halangan, tetapi menjadi sebuah tantangan.

Di bidang pendidikan, kata dia, berbagai inovasi harus terus dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, tagline #menolakmenyerahkarenacovid-19 terus digalakkan.

"Saya mengajak para guru mengubah tantangan ini menjadi suatu peluang. Bagaimana kita melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan teknologi yang baik. Baik oleh siswa maupun para guru," imbuhnya dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Baca juga: Gubernur Babel Sebut Bhinneka Tunggal Ika Jadi Lem Perekat Satukan Perbedaan

Gubernur Babel ini tidak ingin anak didik terlena karena tidak optimal belajar pada masa pandemi. Anak didik harus tetap menyukai kegiatan belajar secara virtual dengan pola-pola yang menarik yang dibuat oleh guru-gurunya.

"Jika gagal di sini, kita akan kehilangan satu generasi yang jumlahnya tidak sedikit. Kita harus berjuang sekuat tenaga membuat cara mendidik di masa pandemi ini menjadi cara yang tetap menyenangkan bagi mereka," tegasnya.

Bicara tentang pendidikan, pasti tidak terlepas peran seorang guru yang selalu semangat dalam membimbing muridnya.

Di bawah kepemimpinan Gubernur Erzaldi, tenaga guru di Babel mendapat perhatian khusus dan lebih. Sebab, dari tangan seorang guru, lahir SDM yang berkualitas.

Gubernur Erzaldi pun sangat berharap banyak, khususnya kepada para guru yang selama ini tidak kenal lelah mengajar selama pandemi.

Baca juga: Aplikasi Fight Covid-19 Babel Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Apresiasi tinggi juga disampaikan Gubernur Erzaldi kepada PGRI yang terus berproses meningkatkan kemampuan para guru dalam proses belajar mengajar.

Erzaldi menilai, PGRI terus aktif memfasilitasi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dengan terus menjadikan dunia pendidikan sebagai salah satu perhatian terpenting.

"Harapan saya kepada PGRI, teruslah berkembang, teruslah bekerja tanpa kenal lelah, dan jangan kendur. Teruslah berproses karena proses itu harus kita lalui," tambahnya menyemangati para guru PGRI.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan kabar gembira bagi tenaga guru di Indonesia. Sebab, rekrutmen guru akan dilaksanakan dalam jumlah besar pada 2021.

"Selamat Hari Guru Nasional dan HUT yang ke-75 PGRI. Terima kasih kepada para guru yang pantang menyerah dan terus berjuang di antara keterbatasan. Terima kasih telah mendidik generasi bangsa menjadi SDM unggul yang selalu mencintai Indonesia," ujar Presiden Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com