Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim 80 Persen SMA/SMK Siap Gelar Belajar Tatap Muka, Disdik Papua: Harus Banyak OPD Terlibat

Kompas.com - 25/11/2020, 22:46 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua mengeklaim 80 persen sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB) siap dibuka pada Januari 2021.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Papua Christian Sohilait menanggapi rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memulai belajar tatap muka pada Januari 2021.

Baca juga: Asal Penerapan Protokol Kesehatan Diperhatikan Sekolah, Saya Tidak Masalah Belajar Tatap Muka

Menurutnya, Pemprov Papua telah mempersiapkan diri sejak lama.

"Dalam rencana pembukaan sekolah kembali ada beberapa daftar yang harus disiapkan sekolah masing-masing, kami juga sudah menggelar pertemuan dengan semua pimpinan daerah dan organisasi perangkat daerah (OPD) agar dapat memberikan dukungan saat sekolah tersebut dibuka," kata Christian di Jayapura seperti dikutip dari Antara, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya, OPD lain harus terlibat jika sekolah dibuka untuk menerapkan belajar tatap muka.

Ia mencontohkan, Dinas PU atau PDAM harus siaga jika sekolah membutuhkan pasokan air bersih. Begitu juga jika sekolah membutuhkan masker atau hand sanitizer, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial juga harus siaga.

Selain itu, Dinas Perhubungan juga harus bersiap jika terjadi penumpukan penumpang di transportasi umum.

"Harus banyak pihak atau OPD yang terlibat dalam mempersiapkan sekolah ini, selain itu, kami terus mempersiapkan dengan mengecek langsung di lokasi," katanya.

Untuk kesiapan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), kata Christian, ditentukan oleh pemerintah kabupaten atau kota.

"Tapi dari surat edaran Kemendikbud itu penekanannya bahwa kewenangan pembukaan sekolah itu tetap seluruhnya ada di daerah, sehingga teman-teman di daerah harus memastikan bahwa sekolah tersebut siap dibuka karena ini bukan kesiapan fisik saja tapi mental juga," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya terus mengevaluasi aktivitas belajar mengajar selama pandemi Covid-19 di sisa 2020.

Baca juga: PGRI Lamongan Luncurkan Mobil Sekolah Keliling, Siap Bantu Sekolah dan Siswa Belajar Daring

Pemprov Papua juga mempersiapkan sekolah agar bisa menerapkan belajar tatap muka pada Januari 2021.

"Kami akan melihat kesiapan dan data jumlah sekolah SD, SMP dan SMA/SMK yang akan dibuka dan sampaikan kepada kementerian lalu proses itu jalan, intinya pemerintah daerah harus dapat memberikan jaminan bahwa sekolah aman dibuka karena ini menyangkut anak-anak bangsa," kata Christian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com