Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 di Brebes Bertambah Usai Pejabat Tur ke Bromo, Ganjar Ingatkan Kurangi Piknik

Kompas.com - 25/11/2020, 06:03 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada para pejabat tinggi pemerintah agar lebih berhati-hati jika bepergian ke luar kota.

Hal tersebut menyusul adanya penambahan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Brebes sebanyak 36 kasus positif Covid-19 usai Bupati Brebes Idza Priyanti beserta keluarga dan pejabat Pemerintah Kabupaten Brebes melakukan tur ke Bromo, Jawa Timur.

"Berkali-kali kita sampaikan agar berhati-hati. Kami tidak melarang tapi mesti berhati-hati kalau dalam konteks itu pejabat kalau tidak tugas kurangi dulu deh piknik. Pikniknya sama keluarga yang dekat-dekat saja. Kalau ada tugas umpama seminar di Bromo silakan berangkat. Tapi rasa-rasanya ke Bromo tidak seminar, ya," jelas Ganjar saat ditemui di kantornya, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Usai Acara Tur ke Bromo, 36 Pegawai Pemkab Brebes Positif Covid-19

Ganjar mengatakan, pihaknya telah membuat Pergub khusus bagi para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan provinsi agar disiplin menerapkan peraturan.

"Maka teman-teman apalagi ASN tolong kendalikan diri. Kenapa di provinsi kita buat Pergub khusus untuk pegawai provinsi? Ya tak denda lho (kalau melanggar) tapi Alhamdulillah semua taat mengerti. Kadang-kadang kontrol-kontrol itu lepas ketika kita itu ke luar, di sana kita enggak tahu pas balik lagi nulari yang ada di keluarga jadi klaster keluarga di rumah," ucapnya.

Ganjar tak melarang para pejabat tinggi pemerintah ataupun aparatur sipil negara (ASN) bepergian ke luar kota.

Akan tetapi sebaiknya bepergian ke luar kota tidak dalam rangka kegiatan piknik tetapi karena terkait tugas pekerjaan.

"Kecuali kalau dia ditugaskan dalam rangka kerja boleh. Karena kita ini sebenarnya punya resiko semua ya kaya wartawan inilah tiap hari ditugaskan punya resiko tapi kan kita mesti memprotek kalau ASN jangan dulu deh apalagi urusannya piknik kalau bertugas silakan. Tapi nanti dicek dan ditracing," ungkapnya.

Baca juga: Suami dan 2 Anak Bupati Brebes Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sebelumnya diberitakan, suami dan kedua anak dari Bupati Brebes, Jawa Tengah Idza Priyanti dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19.

Meski suami dan kedua anaknya positif tapi hasil pemeriksaan swab terhadap Bupati Idza Priyanti hasilnya negatif Covid-19.

Tak hanya suami dan kedua anaknya, sedikitnya ada 33 orang lagi termasuk pejabat tinggi Pemerintah Kabupaten Brebes dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Mereka yang positif Covid-19, beberapa di antaranya sempat mengikuti kegiatan ke Bromo dan Malang, Jawa Timur pada 7 sampai 9 November 2020.

Saat itu selain diikuti bupati dan suaminya, juga sekretaris dinas beserta pengiring atau ajudan.

Sehingga total positif yang terkait usai acara ke Bromo menjadi 36 kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com