Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyoal Skema Mitigasi Erupsi Gunung Merapi Kala Pandemi Covid-19, Satu Orang Satu Bilik

Kompas.com - 24/11/2020, 09:10 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Aktivitas kegempaan Gunung Merapi masih tinggi sejak statusnya dinaikkan menjadi siaga atau level tiga pada 5 November. Aktivitas kegempaan yang tinggi itu menimbulkan guguran tebing lava lama.

"Guguran seperti ini merupakan kejadian yang biasa terjadi pada saat Gunung Merapi mengalami kenaikan aktivitas menjelang erupsi," kata Kepala Balai Pengamatan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida.

Dalam rilis tertulis Senin (23/11/2020), BPPTKG meminta warga tidak panik serta terus mengikuti rekomendasi dan arahan dari instansi-instansi terkait.

Baca juga: Fakta di Balik Guguran Lava Sisa Erupsi Merapi Tahun 1954, Terekam CCTV dan Penjelasan BPPTKG

Guguran tebing lava lama itu terjadi pada Minggu dan berada di kawah utara. Namun material guguran jatuh ke dalam kawah sehingga sampai saat ini tidak berpengaruh pada aktivitas Gunung Merapi.

Sementara itu proses evakuasi warga dari lereng Gunung Merapi sejak penetapan status siaga masih difokuskan untuk kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, anak-anak, dan penyandang disabilitas.

Di barak pengungsian, pemerintah menyatakan menyiapkan sekat agar prinsip jaga jarak dapat dijalankan demi menekan penyebaran virus corona.

Aktivitas vulkanik Merapi kini telah melampaui kondisi siaga saat gunung api itu meletus tahun 2006.

Kalaupun Merapi meletus secara eksplosif, skalanya diperkirakan tidak akan sebesar letusan tahun 2010 yang dinyatakan terbesar dalam satu abad terakhir.

Baca juga: Jejak Satwa Diduga Macan Tutul Ditemukan di Jalur Evakuasi Gunung Merapi

Bagaimana kondisi Merapi saat ini?

Guguran tebing lava lama seperti yang terjadi pada Minggu (22/11) biasa berlangsung pada saat Gunung Merapi mengalami kenaikan aktivitas menjelang erupsi, kata BPPTKGBPPTKG Guguran tebing lava lama seperti yang terjadi pada Minggu (22/11) biasa berlangsung pada saat Gunung Merapi mengalami kenaikan aktivitas menjelang erupsi, kata BPPTKG
Sejak tahun 2018, Merapi sampai sekarang beberapa kali mengalami letusan eksplosif dalam skala Volcanic Explosivity Index-1, kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, Hanik Humaida.

Sebagai komparasi, letusan eksplosif besar Merapi tahun 2010 yang menewaskan 277 orang tergolong Volcanic Explosivity Index-4.

Berdasarkan pantauan, Hanik menyebut aktivitas Merapi saat ini sudah melampaui kondisi munculnya kubah lava tahun 2006. Saat Merapi akhirnya meletus tahun 2006, jumlah korban jiwa setidaknya mencapai 151 orang.

Namun, kata dia, situasi Merapi hari ini masih lebih rendah dibandingkan hari-hari jelang erupsi tahun 2010.

Baca juga: Lava Sisa Letusan Merapi Tahun 1954 Runtuh, Warga Diminta Tetap Tenang

"Indikator pemantauan sudah melampaui kondisi siaga 2006, sehingga muncul dua skenario yaitu ekstrusi magma dengan cepat dan erupsi ekplosif," ujar Hanik dalam jumpa pers virtual, Rabu (11/11/2020).

"Data pemantauan terus meningkat menuju dekatnya waktu erupsi. Jika terjadi erupsi eksplosif, kemungkinan tidak sebesar tahun 2010.

"Dasarnya apa? Karena tidak terjadi kegempaan. Artinya tidak ada tekanan magma yang berlebih, migrasi magma terjadi secara pelan," kata Hanik.

Baca juga: Mengenal Sabo Dam, Solusi Penanggulangan Banjir Lahar Gunung Merapi...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com