Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Kedua Pilkada Makassar Kembali Digelar di Jakarta, Paslon Dilarang Bawa Tim Pendukung

Kompas.com - 23/11/2020, 07:08 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi

 

 

MAKASSAR, KOMPAS.com – Karena pertimbangan keamanan, debat kandidat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020 kembali digelar di Jakarta dan pasangan calon dilarang membawa tim pendukung.

Hal tersebut ditegaskan Komisioner KPU Makassar Endang Sari kepada wartawan.

Menurut dia, keputusan itu diambil setelah melakukan rapat koordinasi dengan Polrestabes Makassar dan Bawaslu Makassar.

“Pertimbangan keamanan, sehingga debat kandidat putaran ke 2 kembali digelar di Jakarta. Itu keputusan rakor bersama aparat kepolisian dan Bawaslu,” katanya.

Baca juga: Sebelum Debat Pilkada Medan, Bobby Gowes dan Sarapan Bareng Menpora dan Wagub Sumut

Endang Sari mengungkapkan, debat kandidat ke-2 disiarkan langsung di Inews pada Selasa 24 November 2020 pada pukul 20.00 hingga 22.30 Wilaut

Digelarnya debat kandidat ke-2 di Jakarta, lanjut Endang Sari, pasangan calon dilarang membawa tim pemenangan.

Debat terbuka ini hanya dihadiri pasangan calon, 2 orang perwakilan Bawaslu Makassar, 4 orang tim kampanye pasangan calon, dan 7 atau 5 orang anggota KPU.

“Pengamanan lebih diperketat di sekitar lokasi debat kandidat. Antisipasi terkait pengamanan, kami sudah koordinasi sebelumnya dengan pihak Polrestabes Makassar, dan Polda Sulsel. Kami juga koordinasi berlapis dengan pihak keamanan di Jakarta yakni Polres Metro Jakarta pusat, Polda Metro Jaya dan juga Mabes Polri,” ungkapnya.

Endang Sari menuturkan, pihak stasiun TV nasional yang menyiarkan langsung dan digunakan tempatnya acara debat kandidat ini juga menyiapkan pengamanan.

“Hasil rakor kami dengan pihak stasiun TV, mereka juga sudah menyiapkan skenario pengamanan berlapis pula mulai dari personel kepolisian, security stasiun TV, Tim Gegana, dengan pengamanan sampai radius 5 kilometer,” jelasnya.

Baca juga: Pengamat: Debat Pilkada Solo bagai Bumi dan Langit

Adapun tema yang akan diangkat dalam debat kandidat ke 2 Pilkada Makassar ini yakni reformasi birokrasi, pelayanan publik, penataan kawasan perkotaan, dan ekonomi.

“Tema tersebut menurut kami adalah persoalan penyelesaian masalah daerah, upaya memajukan daerah, dan perbaikan pelayanan terhadap masyarakat,” terangnya.

Endang Sari menambahkan, pelaksanaan debat kandidat ke-2 Pilkada Makassar ini tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Diketahui, pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020 diikuti 4 pasangan calon yakni, nomor urut 1. Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) diusung Partai Nasdem dan Gerindra, nomor urut 2. Munafrdi Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) diusung Partai Demokrat, PPP, dan Perindo, nomor urut 3. Syamsu Rizal MI-Fadli Ananda (Dilan) diusung Partai PDIP, PKB, dan Hanura, dan nomor urut 4. Irman Yasin Limpo-Andi Muh Zunnun Armin Nurdin Halid (Imun) diusung Partai Golkar, PKS, dan PAN. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com