Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapi Siaga, 246 Warga Desa Jrakah Boyolali Dievakuasi ke Pengungsian Sementara

Kompas.com - 20/11/2020, 22:29 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Sebanyak 246 warga kelompok rentan Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dievakuasi ke tempat penampungan pengungsi sementara (TPPS) Balai Desa Jrakah, Jumat (20/11/2020).

Kepala Desa Jrakah, Tumar mengatakan, 246 warga kelompok rentan ini berasal dua dusun, yakni Sepi dan Kajor.

Dusun Sepi ada 121 jiwa. Rinciannya lansia ada 27 orang, balita 28 orang, difabel empat orang, dewasa 39 orang, anak-anak 28 orang, dan ibu menyusui ada lima orang.

Kemudian Dusun Kajor ada 125 jiwa. Rinciannya lansia ada 44 orang, balita ada 30, dewasa ada 27 orang, anak-anak 12 orang, ibu hamil tiga orang, dan ibu menyusui sembilan orang.

Baca juga: Pemilik Ternak Ikut Turun, Pengungsi Merapi di Sleman Bertambah Jadi 263 Orang

"Mereka dievakuasi ke TPPS Balai Desa Jrakah sejak Selasa (17/11/2020) malam," kata Tumar saat dihubungi, Jumat.

Sejak Gunung Merapi dinaikkan statusnya dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III), kata Tumar warga di kawasan rawan bencana (KRB) tersebut awalnya tidak mau dievakuasi relawan ke TPPS yang disediakan Pemerintah Desa Jrakah.

Namun, setelah mereka mendapatkan sosialisasi dari petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Giologi (BPPTKG) Yogyakarta akhirnya mau dievakuasi.

Mereka dievakuasi oleh sukarelawan dan tim siaga desa (TSD) Jrakah menuju lokasi jarak aman dari bahaya erupsi Gunung Merapi di TPPS Balai Desa Jrakah.

"Anak muda dan usia produktif sebagian masih bertahan di rumah. Mereka melakukan aktivitas biasa ke ladang dan cari pakan ternaknya," kata dia.

Baca juga: Petugas Salah Kirim Jenazah Pasien Covid-19, Ini Penjelasan RSUD Dr Moewardi Solo

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Bambang Sinungharjo mengatakan, warga kelompok rentan di kawasan rawan bencana (KRB) III Gunung Merapi sudah dievakuasi ke TPPS.

Bambang mengatakan ada tiga TPPS yang disiapkan sebagai tempat pengungsian sementara warga kelompok rentan. Tiga TPPS itu antara lain, Desa Tlogolele, Desa Klakah dan Desa Jrakah.

"Jumlah warga kelompok rentan yang dievakuasi ke TPPS masih akan terus bertambah," kata dia.

Guna memudahkan evakuasi masyarakat di daerah rawan bencana Gunung Merapi ke desa yang aman, katanya Pemkab Boyolali membentuk konsep desa persaudaraan atau sister village.

"Sister village kalau di Indonesia desa persaudaraan. Atau antara desa yang rawan bencana erupsi Merapi atau KRB 3 dan KRB 2 dengan desa penyangga yang aman," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com