Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Anggota DPRD Kota Tasikmalaya Positif Corona, 42 Rekannya Isolasi Mandiri dan Rapat Paripurna Ditunda

Kompas.com - 17/11/2020, 09:33 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dua anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, dinyatakan positif corona seusai pulang acara bimbingan teknis (bimtek) secara rombongan dari Kabupaten Cianjur, Minggu (15/11/2020) malam.

Sebanyak 42 anggota dewan lainnya yang ikut acara tersebut langsung dites swab massal dan menjalani isolasi mandiri guna mencegah penyebaran.

"Sekarang dua anggota dewan yang positif sudah dirawat di sebuah RS Kota Tasikmalaya. Kalau asal pastinya kita tidak tahu, cuma kedua anggota itu ikut secara rombongan bersama 42 anggota dewan lainnya acara bimtek di Cianjur. Saya baru tahu positif corona pada Senin sore kemarin," jelas Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Muslim, kepada Kompas.com, Selasa (17/11/2020) pagi.

Baca juga: Dua Petugas dan Satu Napi Lapas Tasikmalaya Positif Corona

Muslim menambahkan, kedua anggota dewan positif corona diketahui saat semua anggota DPRD Kota Tasikmalaya akan menggelar rapat paripurna, Senin (16/11/2020) kemarin.

Terpaksa rapat paripurna pun ditunda karena hampir semua anggota dewan dan pegawai kesektariatan dewan menjalani tes swab massal pada Senin malam tadi.

"Iya, hampir semua anggota dewan dan pegawai di gedung dewan menjalani tes swab. Jadi paripurna pun ditunda," tambahnya.

Muslim pun menegaskan, gedung dewan Kota Tasikmalaya terpaksa ditutup sementara untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Gedung dewan akan dilakukan sterilisasi dan nantinya seusai beres tracing dan pemeriksaan tes swab akan dibuka kembali dalam waktu secepatnya.

"Saya tak tahu tertularnya dari mana, cuma saat pulang rombongan dari Cianjur, ada salah satu anggota dewan yang sakit panas tinggi dan demam," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, membenarkan ada anggota dewan yang dinyatakan positif corona.

Pihaknya bersama Plt Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf selaku pimpinan gugus tugas telah menetapkan beberapa langkah antisipatif.

"Iya, barusan sudah kita bahas bersama untuk langkah antisipasi penyebaran. Jadi akan diswab massal, dan langsung dilanjutkan dengan penyemprotan atau sterilisasi bangunan Gedung DPRD," ujar dia.

Baca juga: IGD RSUD Soekardjo Tasikmalaya Kembali Dibuka

Pada malam tadi, lanjut Ivan, pihaknya telah melakukan tes swab massal bagi seluruh anggota dewan dan pegawai sekretariat dewan untuk memastikan penyebaran.

"Mudah-mudahan hari ini hasilnya semua bisa diketahui," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com