Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Mobil Listrik Hyundai di Cikarang Jabar Rampung 2021, Beroperasi 2022

Kompas.com - 16/11/2020, 15:27 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Progres pembangunan pabrik mobil listrik milik Hyundai Motors baru 65 persen.

Pabrik yang berlokasi di kawasan industri Cikarang, Bekasi itu ditargetkan selesai pada 2021 dan siap produksi mulai 2022 mendatang.

"Jadi sesuai rencana pertama, akhir tahun depan bisa mulai produksi mobil lokal Hyundai di Indonesia, dan tahun 2022 mulai memproduksi mobil listrik di Indonesia dan jual lokal," kata COO & Vice President Hyundai Motor Asia Pasific Hq Lee Kang Hyun saat menghadiri West Java Investment Summit (WJIS) 2020, di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Hyundai hingga Amazon Investasi ke Jabar, Ridwan Kamil: Jabar Disukai dan Dicintai Investor

Lee menyebut, total investasi yang digelontorkan mencapai Rp 19,3 triliun. Menurut Lee realisasi investasi itu bisa terwujud atas dukungan pemerintah.

"Hyundai Motors sudah mulai membangun pabrik di Cikarang, walau dalam Covid-19 dengan dukungan penuh gubernur dan menteri yang bersangkutan, jadi sudah 65 persen sudah menyelesaikan," ucapnya.

Lee menjelaskan, Jabar dipilih sebagai target investasi lantaran ditunjang infrastruktur yang cukup lengkap serta dukungan komitmen pemerintah.

"Hyundai Motor memutuskan membangun pabrik mobil, termasuk mobil listrik," kata Lee. 

"Pak Gubernur sudah belanja mobil listrik pertama di Indonesia, saya berterima kasih kepada pak Ridwan Kamil sebagai gubernur."

"Ini memang bisa jadi kerja sama antara swasta dan goverment, bisa memperkenalkan mobil listrik kepada umum dan negara, ini merupakan perjanjian kuat dari Kang Emil," pungkas Lee. 

Baca juga: Ridwan Kamil Wacanakan Ganti Kendaraan Dinas dengan Mobil Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com