Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizieq Shihab Datang, Simpatisannya Padati Puncak Bogor, Puncak Pass Lumpuh Total

Kompas.com - 13/11/2020, 11:04 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, dipadati simpatisan dari Front Pembela Islam (FPI) pada Jumat (13/11/2020), terkait kedatangan Rizieq Shihab.

Akses menuju Puncak Pass pun lumpuh total menjelang kedatangan imam besar ormas FPI tersebut.

Pasalnya, pintu masuk Puncak, tepatnya di Simpang Gadog, harus ditutup oleh petugas kepolisian selama lebih dari satu jam.

Baca juga: Rizieq Shihab ke Puncak Bogor, Polres Bogor Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas

Pantauan Kompas.com, setidaknya ada ribuan orang berpakaian putih terlihat berkumpul hingga menutupi dua jalan hanya untuk menanti kedatangan Rizieq Shihab.

Sejumlah spanduk ucapan menyambut kedatangan Rizieq Shihab terpasang dengan berbagai narasi seperti "Selamat Datang Habib" sampai ajakan revolusi akhlak.

Baca juga: Jelang Rizieq Shihab ke Puncak Bogor, Berlaku Contra Flow Mulai Keluar GT Ciawi

Ditunggu sejak pagi buta

Salah satu jemaah mengaku bahwa kedatangannya ke Puncak Bogor untuk menanti dan mendengarkan Rizieq Shihab mengisi ceramah shalat Jumat sekaligus peletakan batu atau peresmian masjid.

"Sejak pagi buta di sini, ya tujuan kita untuk memuliakan Habib Rizieq Shihab," ucap Ilham (30) saat ditemui Kompas.com di lokasi.

Baca juga: Ketika Bandara Soekarno-Hatta Lumpuh 5 Jam Imbas Kepulangan Rizieq Shihab

600 personel disiagakan

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy menyebut bahwa sebanyak 600 personel kepolisian dilibatkan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan jemaah yang sedang menanti kedatangan Habib Rizieq Shihab.

"Kepadatan massa hanya di sini (Simpang Gadog) saja sampai Pasir Angin langsung ke kanan (Markas Syariah)," ucap Roland yang juga turut mengawal jemaah simpatisan FPI.

Kepolisian pun, lanjut Roland, sejak awal sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas contraflow sampai ke Markas Syariah Pesantren Alam Agrokultural, Jalan Cikopo Selatan, Kampung Lembah Neundeut, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Tertib semua, tapi akan kita kawal dan tunggu situasi untuk ke depannya," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com