Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Literasi, Belasan Pemuda Dirikan Rumah Baca di Lereng Gunung Wilis

Kompas.com - 12/11/2020, 18:48 WIB
Dheri Agriesta

Editor

KOMPAS.com - Sekelompok pemuda di Kabupaten Kediri mendirikan rumah baca bagi anak-anak di wilayah lereng Gunung Wilis.

Sebanyak 15 pemuda itu mengatasnamakan diri mereka sebagai kelompok Rumah Baca Lentera Wilis.

Baca juga: Jaksa: Semua Perbuatan Baik Jerinx Tak Berbanding Lurus dengan Tulisan yang Dapat Menimbulkan Kebencian

Kegiatan mereka berlangsung di Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Kegiatan itu fokus terhadap peningkatan minat belajar dan baca anak-anak pedesaan Gunung Wilis.

"Kebanyakan warga di sini berprofesi sebagai petani dan buruh tani, sehingga kurang memperhatikan pendidikan anak-anaknya, sehingga kami mencoba untuk mendirikan rumah baca ini," kata salah satu relawan, Putri seperti dikutip dari surya.co.id, Kamis (12/11/2020).

Putri mengatakan, kegiatan rumah baca itu telah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Kegiatan itu melibatkan 30 anak dari sejumlah desa di sekitar Gunung Wilis.

"Mereka semua kami ajarkan pelajaran seperti pentingnya membaca buku. Mereka semua melakukan kegiatan belajar dari pukul 9 pagi hingga 12 siang," tambah Putri.

Relawan lainnya, Alisyah mengatakan, kelompok pemuda itu tak cuma mengajar, mereka juga mencarikan donatur yang bisa memberi sumbangan buku dan peralatan belajar kepada anak-anak di desa itu.

"Kami juga cari donatur dari luar daerah untuk bantu adik-adik di sini dalam memberikan buku. Semoga dengan kegiatan semacam ini bisa membantu adik-adik di sini dalam memperoleh pendidikan yang layak," kata dia.

Baca juga: Pak Gubernur, Kami Hanya Punya Semangat, Rumah Tidak Ada, apalagi Listrik dan Sinyal Internet

Alisyah dan kawan-kawan juga mengenalkan sejumlah profesi yang belum pernah ditemui anak-anak tersebut. Sehingga, anak-anak itu bisa menggantungkan cita-cita mereka setinggi mungkin.

"Kami juga berbagi ilmu dalam mengajar ini. Kami kenalkan kepada mereka profesi-profesi yang mungkin selama ini mereka awam, jadi adik-adik ini akan memiliki wawasan yang luas" pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Keren, 15 Pemuda Dirikan Rumah Baca di Lereng Gunung Wilis untuk Meningkatkan Literasi Anak-anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com