Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Sri Sultan HB X untuk Warga Pengungsi Merapi

Kompas.com - 11/11/2020, 17:01 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X berpesan kepada warga untuk memperhatikan protokol kesehatan selama berada di tempat pengungsian.

“Di samping antisipasi merapi juga harus jaga Covid-19 (protokol kesehatan). Protokolnya dipenuhi kita sudah dialog di sana,” ucap Sultan usai apel kesiapsiagaan menghadapi bencana, di Mako Satbrimob Polda DIY, Kota Yogyakarta, Rabu (11/11/2020).

Dikatakan Sultan, setelah apel kesiapsiagaan akan dilakukan koordinasi dan konsolidasi untuk dilakukan pembagian tugas dan kesatuan.

“Nanti ada konsolidasi koordinasi nanti satuannya akan membagi seperti dulu, kita sudah tahu lah pengalaman 4 tahun sekali ngeposnya di mana,” kata Sultan.

Baca juga: Masyarakat Terdampak Uji Coba Jalur Pedestrian Malioboro, Sultan HB X: Saya Minta Maaf

Menurut dia, saat ini mitigasi bencana di lereng Gunung Merapi lebih mudah lantaran para penduduk sudah dibangunkan rumah dengan jarak lebih dari 5 kilometer dari Kawasan Rawan Bencana (KRB).

Namun, masyarakat diminta tetap waspada meski sudah berjarak lebih dari 5 kilometer dari KRB.

“KRB-nya hanya 5 kilometer, kita bangunkan rumah-rumah yang hancur dulu di 8 kilometer jadi relatif ya kan kasarannya enggak ngungsi juga gapapa gitu lho. Tapi kita kan belum tahu apakah saat meletus lava hanya di lima kilo, kita kan tidak tahu tergantung perkembangan kawah tambahnya berapa sentimeter,” jelas Sultan.

Dikatakan Sultan, sampai saat ini belum terlihat kenaikan lava di puncak Merapi.

Hal tersebut dikarenakan tekanan dari gas di dalam Gunung Merapi untuk mendorong lava belum terlalu kuat.

“Berarti gasnya ini kan ya belum maksimal kemarin kan keluar gasnya jadi ya rada gembos semoga gembos. Tapi kan kita tidak bisa memperkirakan,” imbuh Sultan.

Baca juga: Sultan HB X Minta di Setiap Barak Pengungsian Merapi Disediakan Ruang Isolasi Covid-19

Sementara itu, Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso menjelaskan, pihaknya menyiapkan sekitar 3.500 personel bila di kemudian hari Gunung Merapi erupsi.

Pihaknya juga menginstruksikan kepada anggota untuk rutin menggelar patroli ke rumah-rumah yang ditinggalkan oleh para pengungsi.

“Forensik dan labfor kita turunkan untuk melakukan rehabilitasi setelah pascabencana,” tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com