Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Kegiatan Berpotensi Keramaian Selama Pandemi, 10 Desa Ini Masih Bebas dari Covid-19

Kompas.com - 09/11/2020, 18:35 WIB
Dheri Agriesta

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 72 desa atau kelurahan di Kabupaten Bangli. Dari jumlah itu, sebanyak 10 desa yang masih bebas dari Covid-19.

Desa yang bebas dari Covid-19 itu berada di Kecamatan Kintamani. Di antaranya, Desa Banua, Batur Utara, Bayung Cerik, Belandingan, Binyan, Gunungbau, Katung, Kutuh, Lembean, dan Mengani.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Bangli, I Wayan Dirgayusa menjelaskan, kunci menangkal virus corona masuk ke daerah itu.

"Yang jelas yang pertama faktor kegiatan pengendalian. Jadi berkumpul dan bertemu benar-benar dibatasi. Ini sesuai data dan laporan kegiatan selama pandemi kegiatannya nol," kata Dirgayusa saat dihubungi, Senin (9/11/2020).

Dirgayusa mengatakan, sejak Maret 2020, tak ada keramaian sama sekali di 10 desa tersebut. Kegiatan keagamaan seperti Ngaben juga ditunda hingga tahun depan.

Baca juga: Cerita Pensiunan TNI Kembangkan Tanaman Hias, Kewalahan Penuhi Permintaan Kios Selama Pandemi

Padahal, sejumlah wilayah di sekitar 10 desa itu terpapar Covid-19. Namun, sebagian besar kasus itu terjadi karena penularan di luar desa.

Dirgayusa menyebutkan, masyarakat dari 10 desa itu membatasi interaksi dengan pihak luar untuk menekan penularan. Apa lagi, 10 desa itu juga berada di dataran tinggi.

"Cenderung dari 10 desa itu bahwa terisolasi dari sisi interaksi dan geografi agak jauh. Ya kebetulan di daerah pegunungan. Kecuali Batur Utara," kata dia.

Patuhi protokol kesehatan

Dirgayusa mengingatkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Kendalikan keramaian. Sesudah itu lakukan 3 M," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com