Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Siswa Beserta Anggota TNI Bersihkan Taman Makam Pahlawan

Kompas.com - 09/11/2020, 15:50 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Tanggal 10 November yang biasa diperingati sebagai Hari Pahlawan, membuat anggota TNI dan siswa yang ada di Kecamatan Menganti, Gresik, melakukan kerja bakti membersihkan kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) setempat.

Menggunakan mesin potong rumput, celurit, hingga tangan kosong, belasan siswa dan para anggota TNI membersihkan area sekitar TMP yang terletak di Jalan Raya Sidomulyo, Menganti, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Kisah Heroik Usman Sadar, Pahlawan Asal Gresik yang Coba Meledakkan Tank Penjajah

Mereka melakukan pembersihan di sekitar area TMP, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak sesuai anjuran pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Ini salah satu cara yang kami lakukan, untuk mengenalkan kepada generasi penerus sekaligus mengenang jasa para pahlawan," ujar Danramil 0817/04 Menganti Mayor Inf Nawardi, kepada awak media di lokasi, Senin (9/11/2020).

Usai membersihkan area makam, mereka secara bergantian lantas menaburkan bunga yang telah dipersiapkan, ke masing-masing makam pahlawan di TMP tersebut yang berjumlah belasan.

Baca juga: Fenomena La Nina, BPBD Gresik Imbau Masyarakat Lebih Waspada

Kepala SMK Sunan Giri Menganti Syafi'i mengatakan, selain menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan mengenang jasa para pahlawan, pihaknya juga menyambut baik agenda ini sebagai salah satu terobosan atas pertanyaan wali murid selama ini.

"Wali murid selama pandemi Covid-19 ini ada yang mempertanyakan kapan kegiatan belajar-mengajar tatap muka dilakukan. Semoga ini bisa menginspirasi, meski yang kami libatkan baru sebatas siswa yang tergabung dalam OSIS," kata Syafi'i.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com