Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Targetkan 77,5 Persen Partisipasi Pemilih di Pilkada Gresik

Kompas.com - 06/11/2020, 23:38 WIB
Hamzah Arfah,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2020 mencapai 77,5 persen.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Gresik telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 918.192 orang.

Baca juga: Saya Tegaskan, Pendarahan Itu karena Stroke, Matanya yang Disebut Dicongkel Itu Tidak Benar

"Kami punya target tingkat partisipasi sebesar 77,5 persen. Atas dasar itu, kami terus menggelorakan dan bahu-membahu dalam menyosialisasikan dan menyampaikan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Gresik, agar target 77,5 persen dapat tercapai," ujar Ketua KPU Gresik Akhmad Roni di Aston Inn Gresik, Jumat (6/11/2020).

Roni mengatakan, pihaknya harus bekerja keras mewujudkan target tersebut. Apa lagi, pilkada serentak tahun ini diadakan saat pandemi Covid-19.

Tahapan pilkada seperti kampanye pun dibatasi. Para pasangan calon dianjurkan berkampanye secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami berharap, peran media dapat membantu menyukseskan target yang kami tetapkan dengan cara ikut memberitakan tahapan KPU Gresik sebagai bagian sosialisasi kepada masyarakat," kata dia.

Sejauh ini, kata Roni, proses tahapan Pilkada Gresik 2020 masih berjalan aman dan sesuai harapan.

"Sampai tahapan kurang 33 hari, situasi di Gresik masih kondusif. Ini juga tidak lepas dari peran kawan-kawan media dalam memberitakan, mengabarkan, serta menyampaikan informasi kepada publik," tutur Roni.

Sementara itu, Komisioner KPU Jawa Timur Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Gogot Cahyo Baskoro menambahkan, ada beberapa cara yang bisa dilakuakn untuk merealisasikan target partisipasi pemilih itu.

"Bisa menggandeng stakeholder dalam melakukan berbagai inovasi. Semisal membuat lomba TPS unik, lomba foto selfie dan lain sebagainya, yang itu bertujuan untuk menarik perhatian orang atau pemilih untuk datang memberikan hak pilihnya ke TPS," kata Gogot.

Gogot juga menyarankan jajaran KPU Gresik memastikan seluruh kepala keluarga telah mendapatkan sosialisasi tentang pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

Baca juga: 8 Program Qosim-Alif di Pilkada Gresik 2020, Bangkitkan UMKM hingga Permudah Perizinan

Sebelumnya, KPU Gresik sudah menetapkan jumlah DPT dalam Pilkada Gresik 2020 sebanyak 918.192 orang. Dengan rincian, sebanyak 456.2020 pemilih laki-laki dan 461.990 berjenis kelamin perempuan.

Jumlah ini mengalami penurunan, jika dibandingkan dengan pada saat Pemilihan Umum 2019. Saat itu, DPT yang tercatat ada sebanyak 927.045 pemilih di Gresik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com