Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Diusulkan Jadi Ketua Umum PPP

Kompas.com - 06/11/2020, 06:08 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Nama Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen diusulkan menjadi Ketua Umum PPP pada Muktamar Makassar, Desember 2020.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini dinilai memiliki integritas dan kemampuan yang tinggi untuk memimpin partai berlambang Kabah ini.

Usulan tersebut disampaikan oleh kalangan pesantren yang tergabung dalam Aspirasi Para Gus (Asparagus) dari berbagai provinsi pada saat pertemuan silaturahim nasional yang dihadiri oleh 200 kiai di Klego, Tuntang, Semarang, Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Wagub Taj Yasin Tanggapi soal Hukuman Cambuk bagi Pemain PUBG di Aceh

Dalam pertemuan tersebut turut hadir KH Abdul Latif (Tambakberas Jombang,) Gus Amin (Jombang), KH Ali Masruri (Bandung), KH Fahmi Basya (Yogyakarta), dan KH Ahmad Munif (Purwokerto).

"Kami sudah menginventarisir nama-nama dari kalangan pesantren. Dari banyak nama yang muncul, terpilih nama Taj Yasin Maimoen. Taj Yasin adalah putra dari KH Maimoen Zubair dari Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang (Rembang) yang merupakan sosok tepat memimpin PPP," kata KH Abdul Wahab Yahya dari Jombang dalam siaran pers, Kamis (5/11/2020).

Dia mengatakan perlunya kepemimpinan nasional yang telah teruji kualitas dan integritasnya dari kalangan pesantren.

Hal ini dilakukan agar ratusan ribu pesantren dan madrasah di Indonesia terfasilitasi dengan baik.

"Lokal genius dari seorang pemimpin berbasis pesantren mampu menjadi dinamisator dalam pembangunan lahir batin menuju tatanan masyarakat yang lebih berkeadaban dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur," tambahnya.

Baca juga: Pelantikan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Tunggu Arahan Pemerintah Pusat

Ulama lainnya, KH Athoillah Al Asy'ari dari PPTQ Al Asy'ariyyah Kalibeber Wonosobo menambahkan, Taj Yasin Maimoen dipandang sebagai pemimpin muda dari kalangan pesantren yang bisa menjawab tantangan tersebut dan menjadi penyambung antargenerasi yang berbasis agama dan nasional.

"Sehubungan dengan hal hal di atas, maka bersama ini segenap kiai muda pesantren mendukung sepenuhnya kepada beliau untuk dicalonkan sebagai ketua umum partai persatuan pembangunan dalam muktamar PPP di Makassar, Desember, sebagai sumbangsih kalangan pesantren kepada bangsa dan negara menuju arah pembangunan bangsa dan negara yang multikultur," jelasnya.

KH Ali Munajah menambahkan, pengalaman Taj Yasin Maimoen sebagai anggota legislatif dan sekarang menjabat di pemerintahan sebagai Wakil Gubernur Jateng juga menjadi sisi penguat tersendiri.

Pengalaman birokrasinya, lanjut dia, menunjukkan profesionalitasnya untuk mampu menjadi pemimpin partai yang lebih kuat.

"Sudah tidak diragukan lagi, beliau berangkat dari santri dan pesantren, pengalaman birokrasinya kuat dan politiknya juga berpengalaman. Ini paket lengkap," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com