Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Banyumas Minta Bulan Dana PMI Digunakan untuk Penanganan Covid-19

Kompas.com - 05/11/2020, 13:02 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Bupati Banyumas, Jawa Tengah, Achmad Husein meminta dana yang terkumpul dari bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) dialokasikan untuk penanganan Covid-19.

Khususnya, untuk pencegahan penularan Covid-19 pada kelompok rentan dengan penyakit penyerta atau komorbid.

"Dulu waktu awal pengajuan saya tolak, mengingat kondisi perekonomian masyarakat sedang merosot," kata Husein saat pencanangan bulan dana PMI di Pendapa Sipanji, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (5/11/2020).

"Namun setelah saya pikir lagi, bulan dana itu perlu, mengingat penanganan bencana dan Covid-19 masih perlu dilakukan di Banyumas ini, terutama untuk para komorbid," sambung Husein.

Baca juga: Banjir 3 Desa di Banyumas Berangsur Surut, Titik Pengungsian Berkurang

Husein berharap hasil bulan dana PMI dapat digunakan untuk membantu komorbid, terutama dalam hal penyuluhan, penanganan, dan sarana prasarana untuk pencegahan Covid-19.

Sementara itu Ketua PMI Banyumas Dibyo Yuwono mengatakan, nominal kupon bulan dana PMI paling rendah Rp 3.000 dengan sasaran para PNS, BUMN/BUMD, dan para pengusaha.

"Hasil bulan dana sesuai arahan Pak Bupati nantinya akan kami alokasikan untuk komorbid di wilayah Kabupaten Banyumas," jelas Dibyo.

Baca juga: Bioskop di Purwokerto Segera Dibuka, Pengunjung Dibatasi 30 Persen

Kegiatan bulan dana sendiri akan berlangsung selama dua bulan, dari bulan November sampai akhir bulan Desember untuk pengumpulan kupon.

"Diharapkan masyarakat Kabupaten Banyumas dapat berpartisipasi penuh dalam kegiatan bulan dana tahun ini. Semoga semua amal ibadah melalui sumbangan bulan dana ini dapat berkah untuk kita semua," kata Dibyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com