Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Napi Lapas Muaro Padang Positif Covid-19

Kompas.com - 02/11/2020, 17:03 WIB
Rahmadhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 40 warga binaan Lapas Muaro Padang Sumatera Barat positif terjangkit Covid-19. Pihak lapas sendiri saat ini melakukan tes swab kepada seluruh petugas dan warga binaan.

"Kejadian berawal pada hari Senin (26/10/2020) lalu kami mendapat laporan dari warga binaan kalau ada warga yang mengalami batuk, demam dan bahkan sampai hilang indra penciuman, "ujar Plh Lapas Muaro Padang Novri Abbas kepada sejumlah wartawan, Senin (2/11/2020).

Setelah mendapat laporan tersebut, pihak lapas langsung melakukan pemetaan terhadap warga binaan lapas. Dari pemetaan tersebut ada 44 warga yang terindikasi mengalami sakit.

"Warga binaan jumlahnya kurang lebih sebanyak 900 orang lebih. Dari hasil pemetaan, kami mengkarantina 44 orang di dalam satu sel. Setelah itu kami berkoordinasi dengan dinas kesehatan Kota Padang," ungkapnya.

Baca juga: Fakta Napi Kendalikan Narkoba, Polisi Sempat Ditolak Masuk Lapas hingga Ditemukan Ponsel

Pada hari Kamis 29 Oktober dilakukan tes swab terhadap 46 warga binaan dan hari Minggu (1/11/2020) lalu keluar hasil tes swab dimana hasilnya 40 orang positif Covid-19.

"Sebelum adanya Covid-19 ini kami sudah melakukan olahraga kepada warga binaan. Namun dengan adanya Covid-19 ini kami meningkatkan intensitas olahraga, "sebutnya.

Untuk antisipasi kedepannya, pihak lapas akan lebih mewaspadai orang yang akan masuk ke lapas.

"Petugas dan orang yang akan datang akan diwajibkan menggunakan masker mencuci tangan dan menjaga jarak serta dilakukan cek suhu tubuh. Selain itu juga kami akan memberikan vitamin kepada warga binaan terutama yang positif Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Eks Napi Bacok Istri dan Mertua Baru 2 Hari Keluar Penjara Lewat Program Asimilasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com