Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plt Walkot Banjarmasin Pertimbangkan Buka Sekolah Awal November

Kompas.com - 30/10/2020, 08:15 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin sudah bersiap menggelar sekolah tatap muka pada awal November 2020 setelah mendapat rekomendasi dari gugus tugas.

Meski demikian, Plt Wali Kota Banjarmasin Hermansyah mengatakan, keputusan tersebut belum final dan masih dipertimbangkan setelah muncul pro dan kontra dikalangan orangtua siswa.

"Ada pro dan kontra dikalangan orangtua. Di satu sisi, mereka menginginkan agar sekolah kembali dibuka, karena orangtua maupun anak-anak sudah mulai jenuh. Di sisi yang lain, ada pula orangtua yang tidak mau sekolah dibuka," beber Hermansyah dalam keterangan yang diterima, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin, Siswa Tak Boleh Cium Tangan Guru

Setelah mendapat rekomendasi dari gugus tugas, Dinas Pendidikan saat ini tinggal menunggu keputusan final dari Plt Wali Kota Banjarmasin.

Hermansyah dalam waktu dekat kembali akan menggelar rapat bersama seluruh instansi terkait.

"Nanti, bersama dengan Gugus Tugas Kota Banjarmasin dan Dinas Pendidikan akan duduk kembali satu meja agar ketika misalnya sekolah benar-benar dibuka tidak menimbulkan polemik baru," ujarnya.

Hermansyah juga mengatakan ada keputusan 4 menteri yang harus betul-betul dijalankan selama proses belajar tatap muka dimulai.

Baca juga: Jadwal Sekolah Tatap Muka untuk SD dan SMP di Banjarmasin

Selain itu, Disdik Banjarmasin harus memenuhi sejumlah syarat.

Syarat itulah yang nantinya harus betul-betul dikaji secara mendalam sebelum keputusan penerapan sekolah tatap muka dikeluarkan.

"Seperti menyediakan tempat cuci tangan, membuat jarak kursi siswa, kantin tidak dibuka, dan pelajaran hanya selama empat jam dengan jeda sekali istirahat," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarmasin memberikan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan Banjarmasin untuk menggelar sekolah tatap muka.

Dengan keluarnya rekomendasi tersebut, Disdik Banjarmasin merencanakan akan menggelar sekolah tatap muka pada November 2020.

Sejumlah persiapan-persiapan sudah dilakukan dan kini tinggal menunggu keputusan tetap dari Plt Wali Kota Banjarmasin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com